5 Makanan Ini Mampu Atasi Stres Akibat Kesepian, Salah Satunya Telur

Selasa, 21 November 2023 - 10:39 WIB
Mengonsumsi makanan yang menenangkan atau comfort food dapat meningkatkan suasana hati seseorang. Foto Ilustrasi/iStock
JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa kesepian adalah masalah kesehatan masyarakat global. Masalah kesehatan ini cukup mengkhawatirkan, bahkan parahnya bisa sama dengan merokok 15 batang sehari.

Meski terdengar sepele, namun kesepian tak boleh dianggap remeh karena bisa berpotensi menjadi stres hingga gangguan kejiwaan lain. Untuk itu, perlu Anda pahami faktor risiko dan cara penanganannya.

Salah satu cara mudah ialah dengan mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan mood agar Anda tidak merasa kesepian hingga stres berlebih.







Dilansir dari Cosmopolitan, Selasa (21/11/2023), para peneliti di Universitas Buffalo baru-baru ini menemukan bahwa mengonsumsi makanan yang menenangkan atau comfort food dapat meningkatkan suasana hati seseorang. Secara khusus, comfort food dapat melawan kesepian dan membuat pemakannya merasa lebih terhubung dengan orang lain.

Berikut lima makanan yang mampu mengatasi stres akibat kesepian.

1. Ubi Jalar

Pertama ada ubi jalar. Tak cuma rasanya yang manis dan mengenyangkan, ubi juga termasuk makanan yang bisa menurunkan kadar stres.

Melansir Healthline, mengonsumsi sumber karbohidrat utuh yang kaya nutrisi seperti ubi jalar dapat membantu menurunkan kadar hormon stres kortisol. Selain itu, ubi jalar juga kaya nutrisi yang penting untuk respons stres, seperti vitamin C dan potasium.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More