Jadi Ancaman Kesehatan Global, Ini 8 Cara untuk Mengusir Rasa Kesepian

Selasa, 21 November 2023 - 05:26 WIB
loading...
Jadi Ancaman Kesehatan Global, Ini 8 Cara untuk Mengusir Rasa Kesepian
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan kesepian sebagai ancaman kesehatan global yang perlu diperhatikan. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan kesepian sebagai ancaman kesehatan global yang perlu diperhatikan. Saat ini WHO telah membentuk Komisi Hubungan Sosial untuk mengatasi masalah ini. Komisi tersebut terdiri dari 11 orang dan dipimpin oleh ahli bedah umum AS Viviek Murthy serta utusan pemuda Uni Afrika, Chido Mpemba.

Dilansir dari laman The Guardian, Selasa (21/11/2023), ahli bedah umum Amerika Serikat mengatakan bahwa dampak kematian akibat kesepian setara dengan merokok 15 batang sehari.

Pada orang dewasa yang lebih tua, kesepian dikaitkan dengan peningkatan risiko demensia sebesar 50% dan peningkatan risiko penyakit arteri koroner atau stroke sebesar 30%.



Hal ini juga merusak kehidupan generasi muda. Antara 5% dan 15% remaja mengalami kesepian, menurut angka yang mungkin diremehkan. Di Afrika, 12,7% remaja mengalami kesepian dibandingkan dengan 5,3% di Eropa.

Sementara itu, remaja yang mengalami kesepian di sekolah lebih besar kemungkinannya untuk putus kuliah. Hal ini juga dapat menyebabkan dampak ekonomi yang lebih buruk, yakni merasa terputus dan tidak didukung dalam suatu pekerjaan dapat menyebabkan kepuasan kerja serta kinerja yang lebih buruk.

Namun tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa kesepian. Berikut rangkumannya dari Very Well Mind.

1. Ikut kelas atau Komunitas

Salah satu cara untuk mengusir rasa bosan bisa dengan mengikuti beberapa kelas atau bergabung dalam komunitas. Misalnya kelas seni dan kelas olahraga. Dengan bergabung bersama komunitas bisa mengenal orang baru yang memiliki minat yang sama.

2. Menjadi Volunteer

Menjadi volunteer juga dapat menjadi cara untuk mengusir kesepian. Anda bisa bertemu banyak orang dan mendapatkan pengalaman baru. Selain mengurangi rasa kesepian, hal tersebut juga dapat membuat Anda merasa lebih bahagia.


3. Mencari Teman lewat Daring

Saat ini media sosial bisa digunakan untuk melakukan apa pun, termasuk mencari teman. Misalnya Anda bisa mengikuti minat melalui media sosial dan tergabung dalam sebuah grup. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan lebih banyak teman.

4. Perkuat Hubungan dengan Orang Sekitar

Tentunya Anda memiliki orang-orang yang dikenal baik, seperti teman atau keluarga. Anda bisa perkuat hubungan itu. Saat rasa kesepian melanda, Anda bisa cerita atau mengajak mereka untuk melakukan aktivitas bareng atau sekadar ngobrol.

5. Pelihara Hewan

Memiliki hewan peliharaan ternyata bisa mengusir rasa kesepian lho. Anda dapat memilih hewan kucing atau anjing yang menggemaskan. Bersama hewan peliharaan Anda bisa berjalan di sekitar komplek, dan tak jarang bertemu dengan orang lain yang memiliki hobi yang sama.

6. Berkenalan dengan Orang Baru

Mencoba jalin hubungan dengan orang baru tidak ada salahnya. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa melakukan hal tersebut berkontribusi terhadap kesejahteraan sosial dan emosional kita. Biasanya berinteraksi dengan orang yang tidak dikenal secara spontan akan memberikan kebahagiaan.

7. Merawat Diri

Merawat diri merupakan ide yang bagus, terutama saat Anda sedang merasa sedih. Mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga, dan tidur cukup akan membuat Anda merasa lebih baik dalam jangka panjang.

8. Tetap Menyibukkan Diri

Anda bisa mengalihkan perhatian dari rasa kesepian dengan melakukan me time. Misalnya ke salon, menonton film, atau melakukan solo traveling.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1527 seconds (0.1#10.140)