8 Kebiasaan yang Membuat Hidup Lebih Lama

Minggu, 26 November 2023 - 12:03 WIB
Para peneliti menyatakan dalam siaran persnya bahwa temuan ini menunjukkan bagaimana berbagai faktor gaya hidup dapat berkontribusi terhadap penyakit yang menyebabkan kematian dini dan kecacatan.

Mereka juga menunjukkan bagaimana membuat pilihan yang lebih baik dapat memperpanjang umur sehat seseorang.

“Tidak ada kata terlambat untuk menerapkan gaya hidup sehat,” kata Nguyen.

Dia mencatat bahwa jenis penelitian ini tidak dapat membuktikan bahwa menerapkan kebiasaan-kebiasaan ini dapat meningkatkan umur. Namun, penelitian tersebut konsisten dengan penelitian serupa lainnya, ujar dia lagi.

Mengapa perubahan ini dapat membantu meningkatkan umur panjang? Tariq Hafiz , MD, FACC, ABIM, Direktur Medis, Ahli Jantung & Pendidik di Pritikin Longevity Center mengatakan sebagai ahli jantung klinis dan preventif, dia yakin penerapan faktor gaya hidup yang komprehensif ini adalah dasar dari pencegahan primer dan sekunder.

Hafiz menjelaskan, penyakit kardiovaskular dan kanker merupakan penyebab utama kematian dan faktor risiko penyakit jantung yang dapat dimodifikasi sudah banyak diketahui, yakni faktor risiko tersebut adalah tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, penggunaan tembakau, tekanan mental, obesitas visceral, pola makan tidak sehat, dan gaya hidup sedentary.

Ia juga mengatakan bahwa penggunaan tembakau merupakan faktor risiko utama yang dimiliki oleh beberapa kategori penyakit kronis, seperti penyakit kardiovaskular; stroke; kanker paru-paru, kandung kemih, dan esofagus; penyakit paru-paru kronis dan diabetes.

“Penyakit kronis berhubungan dengan sebagian besar angka kesakitan dan kematian sehingga bertanggung jawab atas sebagian besar biaya perawatan kesehatan dan beban keuangan,” kata Hafiz.



Tips menerapkan 8 kebiasaan agar panjang umur

VP Biologi dan Kepala Litbang Tally's Health , Trinna Cuellar , Ph.D., MBA, mengatakan untuk melakukan perubahan berkelanjutan, Anda perlu menerapkan kebiasaan yang sesuai dengan gaya hidup.

Contoh, bagaimana Anda dapat menjadikan pendekatan Anda sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri, dia menunjuk pada seorang ibu baru, yang untuk sementara waktu mungkin tidak dapat mengurangi stresnya atau meningkatkan kualitas tidurnya, namun masih dapat menangani bidang-bidang seperti nutrisi dan kepuasan sosial.

“Konsistensi adalah kunci untuk mempengaruhi umur panjang, jadi bersikap realistis dan disengaja adalah konsekuensinya,” ucapnya.

Dia lebih lanjut menekankan pentingnya melakukan tes untuk mendapatkan umpan balik tentang bagaimana perubahan gaya hidup Anda berhasil. “Anda tidak bisa mengatasi apa yang tidak Anda ketahui,” jelasnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More