7 Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan, Salah Satunya Jaga Kesehatan Jantung

Rabu, 13 Desember 2023 - 09:40 WIB

5. Menyokong Kesehatan Jantung

Asam lemak omega-3 adalah kandungan yang penting untuk kesehatan jantung. Zat tersebut bisa ditemukan dalam beberapa jenis rumput laut. Omega-3 membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, menjaga elastisitas pembuluh darah, serta mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Memasukkan rumput laut ke dalam pola makan sehat dapat menjadi langkah positif untuk mendukung kesehatan jantung.

6. Mendukung Kesehatan Tiroid

Iodium, mineral yang sangat penting untuk kesehatan tiroid, hadir dalam jumlah signifikan di beberapa jenis rumput laut. Keseimbangan yang baik dari iodium dapat membantu mengatur fungsi kelenjar tiroid, yang bertanggung jawab untuk produksi hormon yang mengontrol metabolisme tubuh. Kekurangan iodium dapat menyebabkan masalah kesehatan tiroid, dan konsumsi rumput laut bisa menjadi solusi alami untuk menjaga keseimbangan ini.

7. Potensi Antiinflamasi

Beberapa senyawa dalam rumput laut, seperti fukoidan dan alginat, menunjukkan potensi sebagai agen antiinflamasi. Sifat antiinflamasi ini mampu membantu meredakan peradangan dalam tubuh, yang merupakan faktor risiko utama untuk berbagai penyakit kronis, termasuk arthritis serta penyakit jantung. Dengan demikian, rumput laut dapat menjadi tambahan yang berharga untuk meredakan peradangan hingga mendukung kesehatan umum.

Dengan menggabungkan rumput laut ke dalam pola makan sehari-hari, Anda bisa merasakan manfaat kesehatan yang kian beragam. Namun, perlu diingat untuk menjaga keseimbangan serta konsistensi dalam konsumsi agar manfaatnya dapat dirasakan secara optimal. Sebelum membuat perubahan besar dalam pola makan, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan guna memastikan bahwa itu sudah sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda.MG/Sabrina Amyra Aziz
(tsa)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More