8 Efek Mandi Malam untuk Kesehatan, Awas Bisa Berakibat Buruk!

Kamis, 14 Desember 2023 - 09:50 WIB


6. Peningkatan Risiko Infeksi

Mandi pada malam hari di bak mandi atau bathtub yang tidak bersih mampu meningkatkan risiko infeksi, terutama jika kebersihan tidak dijaga dengan baik. Air hangat menghasilkan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan bakteri serta jamur, hal tersebut yang bisa menyebabkan infeksi pada kulit.

7. Potensi Dehidrasi

Mandi malam yang lama dengan air panas bisa menyebabkan dehidrasi sebab tubuh kehilangan cairan melalui keringat. Dehidrasi dapat memiliki efek negatif pada keseimbangan elektrolit serta kesehatan umum, terutama jika tidak diimbangi dengan asupan cairan yang memadai.

8. Pengaruh pada Fungsi Jantung

Bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan jantung, mandi pada malam hari dengan air panas bisa meningkatkan beban kerja jantung. Suhu tubuh yang meningkat dapat membuat jantung bekerja lebih keras untuk menjaga suhu tubuh normal, yang mungkin tidak diinginkan oleh orang dengan risiko penyakit jantung.

Sementara mandi malam memberikan banyak manfaat, penting untuk diingat bahwa kelebihan atau suhu air yang ekstrem bisa membawa efek negatif pada kesehatan. Menjaga keseimbangan serta memperhatikan kebutuhan tubuh Anda merupakan kunci untuk meraih manfaat positif dari mandi malam tanpa mengorbankan kesehatan. Sebagai bagian dari rutinitas perawatan diri, penting untuk menyadari dan memahami potensi efek samping agar bisa menyesuaikan praktik mandi malam sesuai dengan kebutuhan Anda. MG/Sabrina Amyra Aziz
(tsa)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More