Makna dan Sejarah Topi Khas Rote NTT, Dikenakan Ganjar Pranowo di Debat Cawapres 2023

Jum'at, 22 Desember 2023 - 20:47 WIB
Pada setiap pinggir ti’ilangga terdapat banyak ujung daun yang tersusun dengan rapi dan disatukan oleh tiga lingkaran. Ujung-ujung daun tersebut menggambarkan masyarakat Rote yang disatukan dalam suatu struktur pemerintahan yang kuat.

Kekuatan system tersebut ditandai dengan melingkarnya dua garis pada setiap lingkaran untuk mempererat ujung ujung daun yang tersusun pada pinggir ti’ilangga. Bagian dalam ti’ilangga terdapat lipatan pada bagian kiri dan kanan yang berfungsi sebagai tempat persembunyian benda-benda berharga seperti uang, emas, tembakau, dan lain-lainnya.



Selain itu, terdapat bagian pet ti’ilangga pada bagian depan yang berfungsi sebagai penghormatan kepada setiap orang yang ditemui. Tali pengikat yang berfungsi mempererat ti’ilangga ketika dipasangkan di atas kepada melambangkan kekuatan dan keberanian.

Setiap ti’ilangga dibuat dengan sedemikian rupa untuk melambangkan ciri khas orang Rote yang berjiwa pemimpin. Secara umum ti’ilangga memiliki makna keperkasaan dan kehormatan seorang laki-laki Rote. Setiap orang yang mengenakan ti’ilangga dapat menonjolkan ciri kepemimpinan yang dapat menyatukan, menghormati, menjaga rahasia, dan melindungi masyarakat Rote.

Dengan demikian, ti’ilangga yang dipakai Ganjar Pranowo ini menonjolkan sebagai sosok pemimpin yang nantinya bisa menyatukan, menghormati, dan menjaga rahasia, serta melindungi masyarakat Indonesia.
(tdy)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More