Tomat Ampuh Menurunkan Risiko Tekanan Darah Tinggi 36%, Baik Dikonsumsi Tiap Hari

Jum'at, 19 Januari 2024 - 08:03 WIB
Konsumsi tomat tiap hari bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Foto/ getty
JAKARTA - Jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan tekanan darah tinggi atau menyadari nilai tekanan darah Anda meningkat, Anda mungkin sudah mencoba strategi modifikasi pola makan dan olahraga untuk menghindari pengobatan.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa membatasi natrium dan mengurangi satu sendok teh garam per hari dapat membantu menurunkan tekanan darah dan sekarang penelitian baru mengatakan bahwa mengonsumsi tomat dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi.



Baca Juga: Pakar Sebut Tingkat Stres Gen Z Makin Parah sejak Masa Pandemi Covid-19

Penelitian yang dipimpin oleh tim peneliti biokimia dan diterbitkan pada November 2023 di European Journal of Preventive Cardiology ini meneliti bagaimana kinerja tomat dalam kaitannya dengan pembacaan tekanan darah selama beberapa tahun.

Studi ini mengumpulkan metrik kesehatan dan informasi gaya hidup dari studi diet yang lebih besar sebelumnya di Spanyol, yang mengisolasi lebih dari 7.000 pria dan wanita berusia antara 55 hingga 80 tahun.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!