11 Penyebab Rambut Memutih sebelum Usia 40 Tahun

Kamis, 08 Februari 2024 - 10:05 WIB

6. Merokok

Merokok dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, dan rambut putih dini adalah salah satunya. Ini memasukkan racun berbahaya ke dalam tubuh, mengganggu proses alami, termasuk produksi melanin.

7. Vitiligo

Vitiligo adalah suatu kondisi kulit di mana sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel pigmen. Meskipun penyakit ini terutama menyerang kulit, penyakit ini juga dapat memengaruhi warna rambut. Dalam beberapa kasus, penderita vitiligo mungkin mengalami uban dini pada rambut yang terkena karena hilangnya sel pigmen.

8. Gangguan tiroid

Kondisi medis tertentu, seperti kelainan tiroid (hipotiroidisme atau hipertiroidisme) dan anemia, serta pengobatan seperti kemoterapi, dapat memengaruhi warna rambut. Efek samping obat atau kondisi kesehatan yang mendasarinya dapat menyebabkan rambut putih pada usia dini.

9. Produk rambut kimia

Penggunaan bahan kimia keras secara berlebihan, perawatan rambut, seperti pemutih atau penggunaan bahan pewarna, dapat merusak batang rambut dan mempengaruhi melanosit. Paparan bahan kimia ini secara terus-menerus dapat menyebabkan rambut putih dengan mengganggu pigmentasi alami rambut.



10. Gangguan autoimun

Gangguan autoimun tertentu, di mana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang sel-sel tubuh sendiri, dapat memengaruhi warna rambut. Kondisi seperti alopecia areata dapat menyebabkan rambut rontok dan perubahan pigmentasi, termasuk rambut putih.

11. Polutan

Polutan lingkungan, seperti polusi udara, dapat berdampak buruk pada kesehatan rambut. Polutan ini menghasilkan radikal bebas, berkontribusi terhadap stres oksidatif dan berpotensi mempercepat
(tdy)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More