10 Cara Mengatasi Nyeri Payudara sebelum Menstruasi

Selasa, 06 Februari 2024 - 19:35 WIB
loading...
10 Cara Mengatasi Nyeri Payudara sebelum Menstruasi
Banyak wanita mengalami nyeri payudara sebelum menstruasi. Gejala ini bervariasi, namun yang umum termasuk nyeri menusuk di payudara, nyeri tekan, bengkak. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Banyak wanita mengalami nyeri payudara sebelum menstruasi , yang dikenal sebagai mastalgia siklik. Gejala ini bervariasi dari satu wanita ke wanita lain, namun yang umum termasuk nyeri menusuk di payudara, nyeri tekan, berat, bengkak, dan sensitivitas puting.

Bahkan ada yang merasakan nyeri di bagian ketiak. Meskipun berlangsung selama beberapa hari, hal ini dapat menimbulkan banyak ketidaknyamanan. Itu sebabnya Anda harus mengetahui cara mengatasi nyeri payudara sebelum menstruasi .

Nyeri payudara adalah salah satu gejala umum yang dialami wanita sebelum menstruasi. Kondisi ini terjadi karena perubahan hormon estrogen dan progesteron. Ketidakseimbangan tersebut memicu retensi cairan dan peradangan pada jaringan payudara sehingga menyebabkan nyeri payudara.

Cara Mengatasi Nyeri Payudara sebelum Menstruasi



Berikut cara mengatasi nyeri payudara sebelum menstruasi dilansir dari Health Shots, Selasa (6/2/2024).



1. Bra yang Nyaman


Daripada memakai bra berkawat, pilihlah bra yang nyaman dan suportif untuk mengurangi nyeri payudara. Hal ini akan sangat membantu bagi wanita dengan payudara lebih besar.

2. Merubah Pola Makan


Garam, kafein, dan alkohol mengakibatkan retensi cairan yang dapat menyebabkan peradangan pada payudara. Jadi, yang terbaik adalah menghindarinya di sekitar hari-hari menstruasi Anda.

3. Kompres Dingin


Kompres dingin atau penggunaan kompres es cukup efektif dalam menangani cedera. Mengompres payudara dengan es dalam waktu singkat juga dapat mengurangi peradangan dan nyeri.

4. Mandi Air Hangat


Saat ini musim dingin, berendam dalam air hangat dapat membantu mengendurkan otot dan meredakan ketidaknyamanan. Namun jangan membuat air terlalu panas karena dapat membuat kulit menjadi kering.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2246 seconds (0.1#10.140)