Bahaya Utama Kebiasaan Makan di Malam Hari, Risiko Obesitas hingga Kesehatan Mental

Sabtu, 02 Maret 2024 - 22:22 WIB
Firman menjelaskan, sebuah penelitian di The American Journal of Clinical Nutrition menjelaskan bahwa sering makan malam mengganggu ritme sirkadian tubuh, yang bisa meningkatkan resistensi insulin, di mana kondisi tersebut merupakan faktor risiko utama penyakit diabetes mellitus tipe 2.

Keempat, sering makan malam juga dapat menyebabkan masalah sistem pencernaan. Proses pencernaan membutuhkan waktu yang cukup untuk mencerna makanan yang kita konsumsi, dan makan terlalu dekat dengan waktu tidur dapat mengganggu proses metabolisme pencernaan.





“Karena itu sering makan larut malam juga dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah pencernaan seperti perut kembung dan sembelit,” kata Firman lagi.

Kelima, kebiasaan makan malam juga dapat memengaruhi kesehatan mental. Konsumsi makanan berat dan berlemak pada malam hari dapat membuat tubuh kurang bertenaga di pagi hari dan cenderung ngantuk. Selain itu, gangguan tidur yang disebabkan oleh kebiasaan makan malam juga dapat mengganggu kestablilan mood, penurunan daya ingat, dan sulit konsentrasi.

“Untuk itu, agar terhindar dari beberapa masalah kesehatan di atas, sangat penting bagi kita untuk selalu memperhatikan pola makan dan gaya hidup sehat. Salah satunya menghindari kebiasaan makan di malam hari, mengatur waktu makan, serta membatasi konsumsi makanan berlemak dan tinggi gula pada malam hari,” pungkas Firman.
(tsa)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More