Puasa Sehat Lancar, Ini 6 Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari saat Sahur

Kamis, 07 Maret 2024 - 08:20 WIB
Saat Ramadan, setiap umat muslim akan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Momen ini membuat umat Islam akan mengalami perubahan makan dan minum. Foto Ilustrasi/iStock
JAKARTA - Saat Ramadan, setiap umat muslim akan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Momen ini membuat umat Islam akan mengalami perubahan makan dan minum.

Keadaan tersebut membuat perbedaan besar pada tingkat energi tubuh. Untuk itu, kita harus cerdas mengatur apa saja yang harus dikonsumsi oleh tubuh selama Ramadan.

Sayang, terkadang kita sering kali makan berlebihan saat sahur demi menabung energi sebanyak-banyaknya. Keadaan ini ternyata dapat memperburuk kesehatan tubuh.







Rahma Ali, ahli diet klinis di Rumah Sakit Burjeel Abu Dhabi mengatakan, makanan berbuka dan sahur harus seimbang serta mengandung item dari setiap kelompok makanan seperti sayuran, sereal, daging, produk susu, dan buah.

“Penting untuk memiliki pengendalian diri saat melihat hamparan makanan yang menggugah selera. Kuncinya adalah mengingat bahwa Ramadan adalah bulan untuk menuai pahala dan manfaat, serta meningkatkan hubungan spiritual Anda,” kata Ali, dikutip dari The National News, Kamis (7/3/2024).

"Sahur harus sehat agar bisa memberikan energi yang cukup untuk bertahan selama berjam-jam berpuasa. Makanan yang dikonsumsi penting untuk menjaga Anda tetap terhidrasi, jadi perhatikan baik-baik pemilihan makanan saat sahur," lanjutnya.

Berikut ini, daftar makanan yang harus dikonsumsi dan dihindari saat sahur.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More