6 Perbedaan Glukosa dan Fruktosa, Penderita Diabetes Perlu Waspada

Jum'at, 08 Maret 2024 - 07:38 WIB
Glukosa dan fruktosa merupakan gula yang terdapat pada sayur dan buah, namun keduanya tidak sama. Foto/ adobe stock
JAKARTA - Glukosa dan fruktosa merupakan gula yang terdapat pada sayur dan buah, namun keduanya tidak sama.

Jika Anda tidak menderita diabetes atau sedang mencoba menurunkan berat badan, gula mungkin merupakan bahan penting dalam diet.



Gula bukan sekadar bahan berwarna putih yang memberi rasa manis pada masakan. Gula dapat ditemukan pada buah-buahan, seperti pisang dan anggur.

Secara umum, glukosa dan fruktosa biasa dikonsumsi. Keduanya adalah gula sederhana yang ditemukan di banyak makanan, namun keduanya tidak sama.



Apa itu glukosa?

Glukosa adalah gula sederhana, juga dikenal sebagai monosakarida, yang berfungsi sebagai sumber energi utama bagi organisme hidup. Ini adalah komponen kunci karbohidrat sehingga ditemukan dalam berbagai makanan kaya karbohidrat, seperti roti, pasta, nasi, kentang, buah-buahan, dan sayuran.

Apa itu fruktosa?

Fruktosa, juga merupakan gula sederhana atau monosakarida, ditemukan dalam buah-buahan, madu, dan beberapa sayuran akar. Ini juga digunakan sebagai pemanis pada makanan dan minuman olahan.

Apa perbedaan antara glukosa dan fruktosa?

Apel, jeruk, pisang, anggur, ceri, nanas, blueberry, stroberi, kiwi, dan mangga merupakan beberapa buah yang mengandung glukosa dan fruktosa.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More