Mengapa Alkohol Bisa Menyebabkan Kebutaan Seperti yang Dialami Kurnia Meiga?

Senin, 11 Maret 2024 - 14:10 WIB
Alkohol bisa menyebabkan kebutaan seperti yang dialami mantan kiper Timnas, Kurnia Meiga. Meski demikian, alkohol tidak secara langsung menyebabkan kebutaan. Foto/Istock Photo
JAKARTA - Alkohol bisa menyebabkan kebutaan seperti yang dialami oleh mantan kiper Timnas Indonesia, Kurnia Meiga . Meski demikian, alkohol tidak secara langsung menyebabkan kebutaan.

Namun, konsumsi alkohol yang berlebihan atau kronis dapat menyebabkan berbagai kondisi kesehatan yang pada akhirnya dapat mempengaruhi penglihatan. Bahkan dapat menyebabkan kebutaan seperti yang dialami Kurnia Meiga .

Penting untuk diingat bahwa dampak alkohol pada kesehatan mata dapat bervariasi tergantung pada faktor seperti jumlah alkohol yang dikonsumsi, frekuensi konsumsi, dan faktor-faktor kesehatan lainnya.

Mengapa Alkohol Bisa Meyebabkan Kebutaan?



Berikut cara alkohol menyebabkan kebutaan dilansir dari Health Line, Senin (11/3/2024).



1. Neuropati Optik Alkoholik



Neuropati optik alkoholik adalah kondisi yang disebabkan oleh kerusakan pada saraf optik yang mengirimkan sinyal visual dari mata ke otak. Konsumsi alkohol yang berlebihan atau kronis dapat menyebabkan kerusakan pada saraf optik, yang dapat mengakibatkan gangguan penglihatan hingga kebutaan.

2. Defisiensi Nutrisi



Kecanduan alkohol seringkali menyebabkan pola makan yang buruk, yang dapat mengakibatkan defisiensi nutrisi seperti vitamin A, C, dan E, yang penting untuk kesehatan mata. Defisiensi nutrisi ini dapat memperburuk kondisi kesehatan mata dan meningkatkan risiko terkena penyakit mata.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Terpopuler
Berita Terkini More