5 Obat Sakit Tenggorokan ala Rumahan, Bisa Dikonsumsi usai Berbuka Puasa

Jum'at, 22 Maret 2024 - 10:06 WIB
Buka puasa memang paling enak makan gorengan dan minum es campur. Namun hal ini tentu membahayakan tenggorokan. Foto/ kron4
JAKARTA — Buka puasa memang paling enak makan gorengan dan minum es campur. Namun hal ini tentu membahayakan tenggorokan . Kedua hal tersebut sering kali membuat tenggorokan terasa sakit.

Jika sakit tenggorokan melanda, tentu puasa akan terasa tidak nyaman. Pasalnya, saat puasa kita harus menahan haus dan tidak boleh minum. Keadaan ini akan membuat tenggorokan terasa kering dan semakin sakit.



Namun, Anda tidak perlu khawatir. Jika merasakan sakit tenggorokan, cobalah atasi dengan pengobatan alami di rumah. Caranya sangat mudah. Berikut ini MNC Portal Indonesia telah merangkum informasinya dari Medical News Today.

1. Berkumur dengan air garam



Berkumur dengan air garam merupakan salah satu obat alami yang terkenal dapat meredakan sakit tenggorokan. Garam membantu mengurangi pembengkakan dengan mengeluarkan air dari jaringan tenggorokan. Dia mungkin juga membantu membunuh mikroba berbahaya di tenggorokan.

Campurkan satu cangkir air hangat dengan satu sdt garam dan aduk hingga larut. Berkumurlah dengan seteguk campuran ini selama 30 detik.

2. Madu

Madu merupakan pemanis yang sering dipadukan dengan bahan alami lainnya untuk meredakan sakit tenggorokan. Masyarakat menggunakan madu sebagai obat karena memiliki efek antiinflamasi, antioksidan, dan antimikroba.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More