5 Olahraga Paling Ampuh Mengalahkan Insomnia, Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Selasa, 02 April 2024 - 16:01 WIB
Susah tidur hingga mengalami insomnia? Begini cara mengatasinya. Foto/ adobe stock
JAKARTA - Apakah Anda sering menatap langit di malam hari karena sulit untuk tidur? Jika hal ini terjadi setiap hari, Anda mungkin mengalami insomnia , gangguan tidur yang menyebabkan kesulitan untuk tidur.

Jika dibiarkan, bisa menyebabkan kelelahan, mudah tersinggung dan keresahan mental, serta mengganggu daya ingat dan konsentrasi. Untuk itu, perlu segera ditangani.



Sementara, pada insomnia kronis , efeknya meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, termasuk tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, diabetes dan kanker.

Nah, jika Anda mengalami kelainan ini, berikut beberapa olahraga terbaik untuk mengatasi insomnia guna meningkatkan kualitas tidur.



Olahraga untuk mengatasi insomnia



1. Olahraga kardiovaskular/ aerobik

Menurut Sleep Foundation, olahraga kardiovaskular atau aerobik dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi rasa kantuk berlebihan di siang hari bagi penderita insomnia. Faktanya, aerobik dapat mengurangi keparahan kondisi gangguan pernapasan saat tidur, seperti apnea tidur obstruktif.

Anda dapat melakukan aerobik seperti jalan cepat, jogging atau bersepeda di pagi hari agar tidur lebih nyenyak di malam hari.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More