7 Cara Mudah Tidur Lebih Nyenyak, Coba Kontrol Kadar Melatonin

Minggu, 14 April 2024 - 22:39 WIB
Kurang tidur dapat berdampak buruk pada kesehatan. Lalu, bagaimana mengatasinya? Foto/ adobestock
JAKARTA - Kurang tidur dapat berdampak buruk pada kesehatan. Anda akan merasa lelah dan gelisah jika melewatkan tidur selama tujuh hingga delapan jam per malam.

Anda mungkin juga merasa kesal keesokan harinya. Membolak-balikkan tempat tidur dalam waktu lama juga dapat memengaruhi kemampuan Anda dalam berpikir dan mengingat sesuatu.



Melatonin sering disebut sebagai hormon tidur, memainkan peran utama dalam kualitas tidur yang baik. Melatonin mampu mengatur siklus tidur-bangun atau ritme sirkadian. Itu sebabnya Anda harus mengetahui cara meningkatkan kadar melatonin, hormon yang diproduksi kelenjar pineal di otak.

Cara meningkatkan kadar melatonin



Saat matahari terbenam, kadar melatonin meningkat secara alami, menandakan tubuh Anda bahwa sudah waktunya untuk menutup mata. Melatonin juga berkurang di pagi hari, meningkatkan kesadaran. Inilah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan melatonin secara alami di tubuh.

Tips Tidur Lebih Nyenyak

1. Kontrol paparan cahaya

Paparan cahaya buatan yang terang, terutama cahaya biru dari layar dapat menghambat produksi melatonin. Untuk meningkatkan melatonin secara alami, batasi waktu menatap layar sebelum tidur dan gunakan filter cahaya biru pada perangkat, saran para ahli.

2. Pertahankan jadwal tidur yang konsisten
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More