Jelang Idul Adha, Infeksi Flu Burung dari Sapi ke Manusia Terdeteksi di AS

Sabtu, 01 Juni 2024 - 17:37 WIB
“Orang tersebut tidak dirawat di rumah sakit. Kami menggolongkannya sebagai penyakit ringan,” kata Bagdasarian dalam wawancara dengan STAT.

Dia mengatakan, pekerja peternakan tersebut awalnya sedang merawat sapi yang sakit dan sering terpapar dengan hewan tersebut.

Demikian pula dengan kasus Michigan sebelumnya, di mana ia terkena percikan susu dari sapi yang terinfeksi ke matanya.

“Ini bukan berarti berjalan melewati hewan yang terinfeksi. Ini bukan paparan yang bersifat sementara atau terbatas,” kata Bagdasarian.

CDC mengatakan individu tersebut diinstruksikan untuk mengisolasi diri, dan kontak serumah juga ditawari obat antivirus.

Sebagai informasi, kasus flu burung H5N1 menula pertama kali terjadi di AS terjadi pada bulan April 2022 dan melibatkan seorang pria di Colorado yang terlibat dalam pemusnahan ayam di peternakan unggas tempat virus tersebut menyebar. Meskipun dinyatakan positif mengidap virus tersebut, ia melaporkan hanya merasa kelelahan.



Namun, dalam kasus flu burung menular dari sapi ke manusia yang ditemukan belakangan ini, virus tersebut dideteksi sebagai virus H5. CDC, yang melakukan tes konfirmasi untuk kasus-kasus H5N1, mengatakan bahwa mereka sedang berusaha untuk menghasilkan rangkaian genetik lengkap dari virus tersebut.

Jika upaya tersebut berhasil, mereka akan merilis informasi lebih lanjut dalam satu atau dua hari ke depan.
(tdy)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More