Wanita Ini Idap Auto Brewery Syndrome, Ususnya Bisa Hasilkan Alkohol hingga Bikin Mabuk

Rabu, 05 Juni 2024 - 09:30 WIB
"Ia mengatakan kepada dokter bahwa agamanya tidak mengizinkan minum alkohol, dan suaminya memverifikasi bahwa ia tidak minum alkohol,” ungkap Dr. Zewude.

“Tetapi baru pada kunjungan ketujuh dokter ruang gawat darurat akhirnya berkata, 'Saya pikir ini terdengar seperti sindrom pembuatan bir otomatis,' dan mengirimnya ke dokter spesialis,” lanjutnya.

Auto brewery syndrome juga dikenal sebagai sindrom fermentasi usus, adalah suatu kondisi yang sangat langka di mana bakteri dan jamur di saluran pencernaan mengubah karbohidrat dalam makanan sehari-hari menjadi etanol. Kasus pertama yang diketahui terjadi pada 1946 di Afrika, ketika perut seorang anak laki-laki berusia 5 tahun pecah tanpa alasan yang diketahui.

Otopsi menemukan perutnya dipenuhi cairan berbusa yang berbau alkohol. Sejak 1974, 20 kasus diagnosis sindrom ini telah dilaporkan dalam literatur medis Inggris, menurut ulasan pada bulan April 2021. Laporan tambahan mengenai gejala kondisi ini juga terjadi di Jepang. Di mana sindrom tersebut dikenal sebagai meitei-sho, atau sindrom keracunan otomatis alkohol.

(dra)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Terpopuler
Berita Terkini More