8 Cara Meracik Air Rebusan untuk Redakan Batuk Pilek

Senin, 10 Juni 2024 - 10:34 WIB

5. Madu

Kerap dijadikan bahan campuran minuman, nyatanya madu sendiri memiliki khasiat kesehatan yang mujarab. Kandungan antimikroba pada madu dapat membantu melawan virus penyebab batuk pilek.

Cara konsumsinya adalah dengan meminum madu itu secara langsung sebanyak satu sendok teh, atau bisa juga dicampur dengan air setengah gelas.

6. Teh Daun Thyme

Daun thyme terkenal akan manfaatnya untuk mengatasi beberapa penyakit pernapasan. Dalam jurnal berjudul Effectiveness and Tolerability of the Thyme/Ivy Herbal Fluid Extract dikatakan bahwa ekstrak thyme mampu mengurangi batuk kronis. Anda bisa membuat teh dengan campuran air dan daun thyme.



7. Teh Daun Peppermint

Daun peppermint juga menjadi bahan alami yang bisa mengobati batuk. Cara meraciknya adalah, campurkan daun peppermint yang sudah bersih dengan teh hangat.

8. Air Kunyit

Tumbuhan kunyit pada bagian rimpangnya memiliki banyak manfaat. Kunyit dengan beragam senyawa berkhasiat di dalamnya, mampu mengobati hidung meler serta sakit tenggorokan pada anak ketika batuk pilek.

Cara meraciknya adalah dengan memarut satu rimpang kunyit, ambil sarinya, kemudian rebus bersama gula jawa sebanyak satu sendok, dan setengah butir asam jawa.
(tsa)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More