Save the Children Gandeng Anak-Anak Muda Lakukan Aksi Nyata Bebaskan Lingkungan dari Sampah Plastik

Selasa, 11 Juni 2024 - 13:00 WIB
“Peran anak-anak dan orang muda sangat krusial dalam membantu persoalan sampah di Jakarta. Mereka dapat berpartisipasi aktif melalui berbagai inisiatif seperti kampanye kesadaran lingkungan, program pengumpulan dan pemilahan sampah, serta daur ulang sampah plastik. Pendidikan dan keterlibatan aktif mereka akan menjadi kunci dalam menciptakan perubahan perilaku yang diperlukan untuk menjadikan ekonomi sirkular sebagai norma di masyarakat,” papar Moch Ari, Program Director Climate Change & Circular Economy Save the Children Indonesia.

Kegiatan kampanye Act Now, Save the Future! yang dilaksanakan di Kecamatan, Tanjung Priok, Jakarta Utara, diisi dengan berbagai kegiatan seperti edukasi dan sosialisasi, senam bersama komunitas, kampanye plastik melalui penampilan seni lenong dan perkusi, serta pembuatan upcycle banner di mana ratusan anak menyuarakan pesan kampanye dengan menempelkan sampah plastik, yang kemudian disuarakan ke pemerintah agar berkomitmen dan mendukung pengelolaan sampah plastik yang lebih baik ke depan.

Melalui Program Ekonomi Sirkular, sejak Desember 2023, Save the Children Indonesia telah memasang 71 dropbox di area publik seperti perumahan, tempat makan, area olahraga agar masyarakat dapat melakukan praktik pemilahan sampah plastik di level rumah tangga. Melalu gerakan ini, 6,852 kilogram atau 367.878 botol plastik akan didaur ulang menjadi produk baru seperti tas laptop, totebag, boneka, T-shirt, dan masih banyak lagi.

Dengan memasang dropbox di 71 titik diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk membuang sampah botol plastik pada dropbox tersebut sehingga bisa didaur ulang menjadi benda yang berkualitas.
(tsa)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More