8 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda, Dehidrasi Perlu Diwaspadai

Jum'at, 14 Juni 2024 - 09:00 WIB
Ada banyak penyebab gagal ginjal di usia muda yang perlu diwaspadai. Gagal ginjal merupakan kondisi ginjal tidak lagi mampu menyaring darah dan membuang racun. Foto/Focus Malaysia
JAKARTA - Ada banyak penyebab gagal ginjal di usia muda yang perlu diwaspadai. Gagal ginjal merupakan kondisi di mana ginjal tidak lagi mampu menyaring darah dan membuang racun dari tubuh dengan efektif.

Gagal ginjal dapat terjadi pada orang-orang dari segala usia, termasuk anak muda. Meskipun jarang terjadi, gagal ginjal pada usia muda dapat memiliki konsekuensi serius dan bahkan mengancam jiwa.

Di sisi lain, gagal ginjal pada usia muda merupakan masalah serius yang dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang secara signifikan. Penting untuk mengenali faktor risiko ini dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat.



Seperti menjaga gaya hidup sehat, mengontrol penyakit kronis, dan berkonsultasi dengan profesional medis secara teratur. Berikut adalah delapan penyebab umum gagal ginjal pada usia muda dilansir dari Web MD, Jumat (14/6/2024).

8 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda





1. Infeksi Ginjal



Infeksi ginjal (glomerulonefritis) adalah peradangan pada glomerulus, yaitu unit penyaringan kecil di ginjal. Infeksi ini dapat disebabkan oleh bakteri, virus, atau parasit, dan dapat menyebabkan kerusakan permanen pada ginjal jika tidak diobati dengan tepat.

2. Dehidrasi Berat

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More