10 Penyebab Keluar Flek Coklat di Luar Menstruasi, Bisa Jadi Tanda Hamil

Rabu, 26 Juni 2024 - 18:10 WIB
Perubahan kadar hormon dalam tubuh bisa menyebabkan munculnya flek coklat. Ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron dapat menyebabkan penebalan atau penipisan lapisan endometrium (lapisan dalam rahim), yang dapat memicu pendarahan di luar siklus menstruasi.

3. Penggunaan Kontrasepsi



Kontrasepsi hormonal seperti pil KB, suntik KB, atau implan bisa menyebabkan pendarahan atau flek coklat di luar menstruasi, terutama pada awal penggunaan. Tubuh membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan perubahan hormon yang disebabkan oleh kontrasepsi.

4. Stres dan Pola Hidup



Stres, kelelahan, perubahan berat badan yang drastis, atau pola hidup yang tidak sehat dapat mempengaruhi siklus menstruasi dan menyebabkan munculnya flek coklat. Stres, misalnya, dapat mempengaruhi produksi hormon yang mengatur siklus menstruasi.

5. Kehamilan



Pada awal kehamilan, beberapa wanita mungkin mengalami pendarahan implantasi yang terjadi ketika embrio menempel pada dinding rahim. Pendarahan ini biasanya ringan dan berwarna coklat atau merah muda. Selain itu, flek coklat juga bisa terjadi akibat perubahan hormonal selama kehamilan.



6. Infeksi atau Penyakit Menular Seksual (PMS)



Infeksi pada saluran reproduksi, termasuk penyakit menular seksual (PMS) seperti klamidia atau gonore, dapat menyebabkan pendarahan atau flek di luar menstruasi. Infeksi ini sering disertai dengan gejala lain seperti nyeri, gatal, atau keputihan yang tidak normal.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More