5 Bumbu Dapur yang Berkhasiat Turunkan Gula Darah, Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Rabu, 10 Juli 2024 - 11:21 WIB
Cara mengonsumsinya sangat mudah, taburkan saja bubuk kayu manis dalam smoothie, oatmeal, dan pancake atau bisa juga dengan menambahkan batang kayu utuh ke masakan berkuah seperti sup.

3. Kunyit

Bumbu dapur selanjutnya yaitu kunyit. Kunyit terkenal memiliki zat antioksidan tinggi untuk melawan penyakit dan infeksi. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2013 menunjukkan bahwa kandungan kurkumin dalam kunyit bisa menurunkan glukosa dalam darah dan mengatasi gejala diabetes lain.

Selain pada masakan, penderita diabetes juga bisa mencampurkan kunyit ke dalam minuman. Salah satunya dengan meminum susu kunyit sebagai cara alternatif untuk mengonsumsi jenis bumbu yang satu ini.



4. Cengkeh

Cengkeh merupakan bumbu dapur yang bisa meningkatkan produksi insulin. Selain itu, cengkeh juga bermanfaat sebagai antiseptik, antiinflamasi, dan baik untuk pencernaan penderita diabetes.

5. Jahe

Sebagai perasa yang panas dan pedas, mengonsumsi jahe ternyata dapat membantu homeostasis glukosa darah. Dalam satu studi yang diterbitkan dalam Journal of Ethnic Foods, disebutkan kalau jahe bisa mengurangi kadar glukosa serum pada penderita diabetes tipe-2.

Selain pada makanan, konsumsi jahe juga bisa dengan cara diminum, yakni dijadikan air jahe maupun dicampurkan dengan segelas teh hangat. Cara tersebut aman dikonsumsi penderita diabetes.
(tsa)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More