Perjalanan 55 Tahun, Ajinomoto Perkuat Komitmen untuk Hadirkan Dampak Positif bagi Indonesia

Minggu, 14 Juli 2024 - 02:20 WIB
Ajinomoto Indonesia juga konsisten mengadakan rangkaian kegiatan edukasi dengan topik kesehatan mengenai pemanfaatan umami dalam MSG pada makanan. Umami dalam MSG dapat digunakan sebagai penyedap rasa untuk meningkatkan rasa makanan, sehingga membantu mendorong peningkatan asupan gizi dan juga membantu mengurangi penggunaan garam dalam makanan. Penggunanaan MSG pada makanan dapat mendukung strategi diet rendah garam sehingga membantu mengontrol asupan sodium yang berlebihan yang bisa berisiko bagi kesehatan jantung dan tekanan darah.

Peran MSG dalam strategi diet rendah garam juga didukung oleh beberapa jurnal-jurnal ilmiah. Dalam jurnal ilmiah tersebut, disebutkan bahwa pengurangan penggunaan garam dapur dan penambahan sedikit MSG pada masakan bisa menurunkan kadar natrium sebanyak 30 persen, sebab kandungan natrium dalam MSG hanya 1/3 dari kandungan natrium pada garam dapur biasa. Informasi ini Ajinomoto kemas dalam kampanye Bijak Garam.

Guna menjangkau masyarakat yang lebih luas, Ajinomoto Health Provider mengadakan GEMBIRA (Gerakan Masak Bergizi Bersama Ajinomoto Health Provider), sebuah kegiatan edukasi terkait penerapan konsep gizi seimbang dan Bijak Garam yang disertai praktik memasak, sehingga lebih dekat dengan keseharian target peserta yaitu ibu-ibu PKK. Hingga saat ini, GEMBIRA yang sudah diadakan sejak 2022 sudah dilaksanakan di 20 kota dan dihadiri oleh lebih dari 5.900 ibu-ibu kader PKK.

Selain berupaya memperpanjang harapan hidup sehat masyarakat Indonesia, Ajinomoto juga berkontribusi dalam memperbaiki permasalahan lingkungan seperti kualitas udara yang kurang baik dan pengelolaan sampah plastik. Salah satu upaya mengurangi pencemaran lingkungan hingga ke titik nol (Zero Waste) dilakukan di pabrik Ajinomoto dengan meningkatkan efisiensi produksi dari hulu hingga hilir pada proses produksi yang ada.

Di hulu, dengan teknologi yang dimiliki, Ajinomoto menggunakan raw materials secara efektif dan juga efisien dalam penggunaan air. Pada proses tersebut hingga mencapai hilirnya yaitu pembuatan produk utama, Ajinomoto mengolah limbah yang ada dari proses produksi menjadi produk samping, kemudian diproses lagi menjadi produk bernilai tambah (co-products) seperti AJIFOL (pupuk daun), AMINA (pupuk tanah), dan FML (tambahan nutrisi pakan ternak), yang bermanfaat di bidang pertanian dan peternakan. Proses ini Ajinomoto lakukan sebagai praktik ekonomi sirkular guna menciptakan proses produksi yang ramah lingkungan.

Dalam berkontribusi mengurangi pencemaran udara dari emisi karbon, sejak Oktober 2023 Ajinomoto tidak menggunakan batu bara sebagai bahan bakar mesin boiler, dan menggantinya menjadi energi terbarukan-biomassa dengan menggunakan wood pellet (limbah hasil pertanian) sebagai bahan bakar untuk menjalankan mesin boiler. Dari upaya ini serta efisiensi penggunaan tenaga listrik dengan solar panel di pabrik Mojokerto dan Karawang, Grup Ajinomoto Indonesia di tahun 2023 sudah berhasil mengurangi 112.679 ton CO2/tahun. Hingga 2030 Grup Ajinomoto Indonesia memiliki target untuk mengurangi ± 211.000 ton CO2/tahun.

Kemudian, menyoroti permasalahan pengelolaan sampah plastik di Indonesia yang jumlahnya dari tahun ke tahun kian meningkat, Grup Ajinomoto Indonesia turut berkontribusi menanggulangi masalah tersebut melalui berbagai langkah seperti pengurangan material plastik pada bagian header part serta menghilangkan plastik inner part pada Brand Masako.

Selain itu Ajinomoto juga melakukan inovasi produk baru kemasan kertas yang bisa mengurangi hingga 30% penggunaan material plastik pada produk MSG AJI-NO-MOTO. Bukan hanya itu saja, dalam rangka meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam mengelola sampah plastik Ajinomoto bekerja sama dengan salah satu platform layanan daur ulang di Pasar Sememi, Surabaya. Ajinomoto berharap inisiatif lingkungan yang terus digiatkan dapat menginspirasi banyak pihak untuk berbuat baik bagi kelestarian lingkungan Indonesia.
(tsa)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More