Manfaat dan Bahaya Kecubung untuk Kesehatan, Apa Saja?

Selasa, 16 Juli 2024 - 04:04 WIB
Manfaat dan bahaya kecubung untuk kesehatan menarik diketahui. Tanaman tersebut belakangan ramai jadi perbincangan usai insiden kematian dua warga Kalimantan Selatan yang disebut baru mengonsumsi buah kecubung. Foto/Freepik
JAKARTA - Manfaat dan bahaya kecubung untuk kesehatan menarik diketahui. Tanaman tersebut belakangan ramai jadi perbincangan usai insiden kematian dua warga Kalimantan Selatan yang disebut baru mengonsumsi buah kecubung.

Sebagai informasi, kecubung memiliki nama latin Datura metel. Tanaman tersebut menghasilkan buah dengan bentuk menyerupai bola bulat yang berduri.

Pada kandungannya, buah kecubung memiliki sederet senyawa kimia beracun. Di antaranya seperti atropin, skopolamin, hiosiamin, alkaloid, glikosida, dan lainnya.





Terlepas dari itu, tanaman kecubung ternyata memiliki manfaat dan bahayanya sendiri untuk kesehatan. Diolah dari berbagai sumber, Senin (15/7/2024), berikut ulasannya.

Manfaat dan Bahaya Kecubung untuk Kesehatan

1. Manfaat Kecubung

Manfaat tanaman kecubung tidak hanya terletak pada buahnya saja, tetapi juga bagian lain seperti akar, tangkai, daun hingga bunga. Mengutip Pusat Perpustakaan dan Literasi Pertanian Kementan, senyawa kimia dalam kecubung seperti atropine, hiosiamin, skopolamin dan lain-lain sebenarnya dapat dikembangkan sebagai obat herbal.

Namun, penggunaannya wajib dilakukan dengan penuh kehati-hatian dan sesuai anjuran ahli serta tidak dikonsumsi secara sembarangan. Berikut beberapa manfaat kecubung untuk masalah kesehatan:

- Obat sembelit.

Remasan daun kecubung yang ditempatkan di perut dapat membantu meredakan sembelit. Cara ini juga dipercaya mampu memberikan bantuan alami bagi mereka yang sering mengalami masalah pencernaan hingga meredakan nyeri haid.

- Membantu mengatasi kulit bengkak.

Manfaat ini dapat diambil dengan penggunaan daun kecubung segar yang dicampur minyak kelapa. Jika sudah, panggang dan remas daun tersebut, lalu tempelkan pada kulit yang bengkak.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More