Hotel di Balikpapan dan Samarinda Penuh Sesak Jelang HUT ke-79 RI di IKN

Jum'at, 19 Juli 2024 - 14:40 WIB


"Jadi kita siapkan data mulai dari hotel kemudian guest house, termasuk juga misalnya penginapan dan asrama haji. Itu juga menjadi tempat yang akan ditinggali oleh para pihak yang berkaitan dengan penyelenggaraan HUT ke-79 RI di IKN," lanjutnya.

Di sisi lain, Sri bersyukur penyelenggaraan upacara HUT ke-79 RI di IKN membawa dampak ekonomi bagi Kaltim. "Dengan hadirnya upacara 17 Agustus, kedatangan jumlah warga yang banyak, tentu juga ini memberikan dampak ekonomi," ungkapnya.

Sri mengakui, dampak ekonomi ini bahkan terjadi saat pertama kali Kaltim ditetapkan sebagai daerah untuk IKN. "Ketika IKN ditetapkan oleh Presiden Jokowi ketika itu juga roda ekonomi, aktivitas ekonomi di bandara, hotel di Balikpapan menjadi tumbuh dengan kegiatan survei, kemudian orang yang datang berkunjung," terangnya.

"Bahkan pada 2022, Ketua PHRI Pusat itu menyatakan Balikpapan sebagai kota dengan tingkat okupansi hotel tertinggi di Indonesia," tambahnya.



Meski pertumbuhan ekonomi di Kaltim sempat anjlok, bahkan menyentuh angka minus 2 persen, kata Sri, namun kini sudah berada di atas nasional sebesar 7,3 persen. "Kaltim itu pernah pertumbuhannya minus ketika harga batu bara anjlok, kita sempet minus 2 persen tahun 2016-2017," paparnya.

"Kemudian sebelum pandemi, kita sudah merangkak naik 0 persen, sebelum dimulainya fase pembangunan IKN, kita sudah 4 persen dan tahun kemarin, tingkat pertumbuhan ekonomi kita itu di atas nasional 6,4 persen. Bahkan, di triwulan pertama tahun 2024 pertumbuhan ekonomi kita 7,3 persen, di atas nasional yang 5,6 persen," tandasnya.
(dra)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More