7 Gejala yang Tidak Boleh Diabaikan Wanita, Waspadai Perubahan Aneh Payudara

Minggu, 18 Agustus 2024 - 08:20 WIB
Pendarahan vagina tidak teratur dapat disebabkan oleh sejumlah hal, seperti perubahan alat kontrasepsi, infeksi serviks atau vagina, hubungan seksual, PMS atau perimenopause.

Selain itu, pendarahan vagina tidak teratur dapat menjadi tanda pertama kanker serviks atau rahim. Jadi, pastikan untuk selalu mengikuti pap smear dan hubungi dokter kandungan jika pendarahan ini terjadi.

4. Perubahan aneh payudara

Jaringan payudara yang normal memiliki tekstur yang bergelombang. Namun, benjolan yang terasa lebih keras atau berbeda perlu diperiksa oleh dokter.

Kedua payudara seharusnya terasa hampir sama. Namun, jika Anda merasakan pembengkakan yang tidak biasa atau cepat, atau melihat perubahan warna, seperti bintik merah atau ungu pada payudara, ini bisa jadi merupakan tanda kanker payudara inflamasi.

5. Kenaikan berat badan tiba-tiba

Tanpa mengubah pola makan atau tingkat aktivitas, kenaikan berat badan tiba-tiba bisa jadi merupakan tanda peringatan gagal jantung atau timbulnya masalah tiroid.

Salah satu penyebab paling umum kenaikan berat badan tiba-tiba adalah hipotiroidisme, yaitu kondisi ketika kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon.



6. Penurunan berat badan
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Terpopuler
Berita Terkini More