7 Gejala Defisiensi Vitamin E, Bisa Memengaruhi Fungsi Saraf

Selasa, 27 Agustus 2024 - 22:33 WIB
Gejala defisiensi vitamin E perlu diperhatikan. Ini adalah kondisi tubuh sedang mengalami kekurangan vitamin E. Foto/shutterstock
JAKARTA – Gejala defisiensi vitamin E perlu diperhatikan. Ini adalah kondisi tubuh sedang mengalami kekurangan vitamin E, salah satu vitamin penting yang dibutuhkan tubuh.

Vitamin E memiliki manfaat untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dan menjaga sistem imun tubuh.





Biasanya, vitamin E bisa didapatkan melalui bahan-bahan alami salah satunya adalah melalui makanan, seperti kacang-kacangan, sayur hijau, minyak sayur dan gandum.

Nah, defisiensi vitamin E ini bisa terjadi karena berbagai macam hal, yaitu sedang melakukan diet rendah lemak, kondisi yang menyebabkan malabsorbsi makanan, seperti kolestasis, radang pankreas, atau fibrosis kistik hingga bayi yang lahir prematur.

Lalu, seperti apa gejala ketika seseorang mengalami defisiensi vitamin E? Dikutip dari berbagai sumber, berikut penjelasannya.

Gejala Defisiensi Vitamin E

1. Sering Mengalami Nyeri Otot

Kekurangan vitamin E, bisa menyebabkan nyeri otot dan membuat otot tubuh melemah. Hal ini dikarenakan zat radikal bebas yang berhasil menyerang inti sel otot. Secara fungsi vitamin E mempunyai tugas untuk memastikan membran plasma, yang merupakan komponen penting untuk perbaikan otot, dapat bekerja dengan baik.

2. Mudah Sakit

Ketika seseorang sering terserang penyakit ternyata hal ini bisa disebabkan oleh kurangnya kandungan vitamin E dalam tubuh. Seperti yang dibahas sebelumnya, kegunaan vitamin E salah satunya adalah meningkatkan imunitas tubuh. Oleh karena itu, ketika seseorang sering sakit, bisa dicurigai bahwa ia memang kekurangan vitamin E.

Selain itu, karena sering terserang penyakit, ketika seseorang kekurangan vitamin E, penyakit yang dideritanya memiliki waktu penyembuhan yang lebih lama dibandingkan dengan seseorang yang memiliki kandungan vitamin E yang cukup.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More