Tidur Pakai Kipas Angin Bikin Paru-paru Basah, Mitos atau Fakta?

Jum'at, 13 September 2024 - 12:40 WIB
Jika kipas angin tidak dibersihkan secara teratur, debu dan alergen dapat tertiup ke udara dan terhirup saat tidur. Kondisi ini dapat memicu alergi atau masalah pernapasan lainnya.

"Contohnya yaitu karena sirkulasi tertutup biasanya debu akan terangkat dari permukaan. Sehingga menyebabkan risiko seperti asma, riwayat alergi dan hidung tersumbat yang meningkat," jelasnya.



Agar tetap aman dan nyaman saat tidur menggunakan kipas angin, perhatikan bersihkan kipas angin secara teratur untuk menghilangkan debu dan kotoran. Arahkan kipas angin ke dinding atau langit-langit untuk menghindari udara dingin yang langsung mengenai tubuh.

Kemudian gunakan humidifier untuk menjaga kelembapan ruangan agar tidak terlalu kering. Jika Anda memiliki masalah pernapasan, konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan kipas angin saat tidur.

"Jika kamu menggunakan kipas angin secara rutin, sebaiknya lakukan metode yaitu bisa dibungkus pakai plastik, dibersihkan secara rutin dengan ditambahkan air," ujarnya.

"Kemudian kita tinggal nyalakan saja kipas anginnya dengan hacks mudah ini akan mengurangi risiko partikel debu yang beterbangan, risiko bakteri infeksi dan juga mengurangi risiko terjadinya infeksi saluran pernapasan serta asma," tandasnya.

(dra)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More