7 Perubahan Kulit yang Menandakan Kanker Payudara, Salah Satunya Keluar Cairan dari Puting

Sabtu, 14 September 2024 - 14:20 WIB
Perubahan warna pada kulit di area payudara bisa menjadi tanda awal kanker. Kulit bisa tampak kemerahan, keunguan, atau bahkan lebih gelap dari biasanya. Peradangan di jaringan payudara yang disebabkan oleh pertumbuhan sel kanker dapat memicu kemerahan dan pembengkakan di sekitar area tersebut. Jika perubahan warna ini tidak disertai dengan cedera atau penyebab lain yang jelas, penting untuk segera memeriksakannya.

3. Pembengkakan atau Penebalan Kulit



Kanker payudara juga dapat menyebabkan pembengkakan atau penebalan pada kulit payudara. Ini bisa membuat payudara terlihat lebih besar, asimetris, atau tampak lebih berat. Penebalan kulit ini sering disertai dengan rasa nyeri atau ketidaknyamanan, meskipun ada pula kasus di mana gejala ini tidak menimbulkan rasa sakit. Pembengkakan terjadi karena penyumbatan pembuluh darah dan limfa yang terpengaruh oleh sel kanker.



4. Ruam atau Iritasi pada Kulit



Ruam yang muncul tanpa sebab jelas atau iritasi pada kulit di sekitar payudara juga bisa menjadi tanda kanker payudara. Dalam beberapa kasus, kanker payudara dapat memicu peradangan atau infeksi yang menyebabkan kulit terasa gatal atau tampak meradang. Jika ruam atau iritasi tidak sembuh dengan pengobatan biasa atau terus berlanjut, pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter sangat diperlukan.

5. Puting Berubah



Selain perubahan pada kulit di sekitar payudara, kanker payudara juga bisa menyebabkan retraksi atau inversi puting, di mana puting tampak masuk ke dalam payudara. Perubahan ini biasanya terjadi karena adanya tumor yang menarik jaringan di sekitar puting. Inversi puting yang tiba-tiba tanpa alasan yang jelas harus segera diperiksakan karena bisa menjadi tanda adanya tumor di dalam jaringan payudara.

6. Luka yang Tidak Sembuh



Luka yang sulit sembuh atau tidak kunjung membaik di sekitar area payudara bisa menjadi tanda kanker payudara yang sudah berkembang lebih lanjut. Luka ini bisa disebabkan oleh kanker yang merusak kulit dan jaringan di bawahnya. Jika ada luka yang tidak sembuh, terutama di area payudara, penting untuk segera mencari bantuan medis.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More