7 Manfaat Naik Tangga selama 15 Menit, Turunkan Kolesterol hingga Panjang Umur

Rabu, 18 September 2024 - 15:40 WIB

2. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol



Naik tangga dapat membantu meningkatkan detak jantung yang memperkuat otot jantung. Selain itu, naik tangga juga membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Naik tangga meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh yang dapat menurunkan risiko pembekuan darah, aterosklerosis, dan hipertensi.

Menurut BMC Public Health, naik tangga secara teratur dikaitkan dengan profil lipoprotein yang lebih sehat, berat badan dan tekanan darah yang lebih rendah, serta kebugaran aerobik yang lebih tinggi.

3. Baik untuk Kesehatan Mental



Naik tangga dapat meredakan gejala kecemasan dan depresi karena proses ini membantu melepaskan endorfin, yang dikenal sebagai hormon bahagia, dan dapat meningkatkan perasaan bahagia dan rileks. Menurut artikel NCBI, naik tangga secara teratur dikaitkan dengan kesehatan mental yang lebih baik.



4. Mengontrol Diabetes



10 menit berjalan kaki di tangga setiap hari dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Menurut sebuah penelitian, orang yang lebih sering menaiki tangga di rumah memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit ini. Bahkan menaiki tangga selama 3 menit dapat memberikan keajaiban bagi konsentrasi glukosa dan insulin.

Menurut sebuah penelitian selama 12,1 tahun terhadap peserta UK Biobank, mereka yang menaiki tangga secara teratur memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang tidak melakukannya.

5. Menyehatkan Jantung

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More