Cara Tepat bagi Orang Tua Mengatur Kadar Gula dalam Tubuh Anak

Kamis, 10 Oktober 2024 - 13:06 WIB
Di Indonesia sendiri sedang heboh mengenai masalah malnutrisi stunting. Dr. Ria Yoanita mengatakan, dokter anak di Indonesia sedang bekerja keras untuk memberantas stunting sehingga persentasenya berkurang hingga 14%. Jika sudah stunting, tinggi badannya pendek, berat badannya kurang, maka IQ-nya akan berkurang sekitar 25 sampai 30 poin dibandingkan anak yang tidak mengalami stunting. Terlebih lagi jika kejadiannya di 1000 hari pertama kehidupan di umur 0 sampai 2 tahun yang merupakan Golden Period seorang anak karena volume otak anak bertumbuh 80% volumenya di 2 tahun tersebut. Sisanya 20% sampai umur 5 tahun dan anak membawa hal tersebut hingga dewasa. Jadi, kita sebagai orang tua harus memperhatikannya dari umur 0 sampai 2 tahun.

Menurut dr. Ria Yoanita, nutrisi yang kita berikan pada anak harus seimbang, baik makro alias karbohidrat, protein hewani, dan lemak. Yang harus digaris bawahi menurut dr. Ria Yoanita, nutrisi tersebut tidak boleh berlebihan tetapi tidak boleh juga kekurangan.

Karbohidrat sendiri tidak hanya nasi, tetapi juga kentang ataupun ubi. Informasi mengenai pengganti nasi sendiri dapat kalian temukan dengan mudah di Google dan mencari nilai gizi di website Kemenkes. Jadi, kita akan tahu misalnya untuk mengganti nilai gizi semangkuk nasi putih.

Mengganti Gula Reguler dengan Gula Ramah

Selain memenuhi zat-zat di atas, yang tidak kalah penting adalah mengganti gula reguler dengan Gula Ramah yang tentunya memiliki Indeks Glikemik rendah. Kenapa harus mengganti gula reguler dengan Gula Ramah? Karena jika anak terlalu banyak mengonsumsi gula reguler yang memiliki Indeks Glikemik tinggi, salah satunya akan berdampak pada kesehatan gigi anak yang menghitam dan keropos atau yang biasa disebut karies gigi.

Apa saja yang termasuk Gula Ramah? Di antaranya gula lontar, gula aren, dan gula kelapa. Gula-gula tersebut berasal dari sari buah alami yang membuat kita tidak gampang lapar, apalagi setelah beraktivitas.

Salah satu contoh cemilan sehat yang mengandung Gula Ramah adalah produk Granola Puffs dari Yava Bali yang sangat aman dimakan untuk anak-anak. Granola Puffs ini tersedia berbagai macam rasa yaitu Chocolate Vanilla, Chocolate Banana, Coconut Banana, dan masih banyak lagi.

Mari mulai terapkan pola hidup dan pola makan sehat kepada anak untuk kesehatan jangka panjang si buah hati.

Untuk penjelasan lebih lanjut tentang cara maintain konsumsi gula pada anak dan memilih makanan yang tepat, langsung aja dengarkan Podcast Spotify atau Video Youtube di Channel Yava Bali, ya!
(tdy)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More