7 Pemanis Alami Pengganti Gula yang Sehat, Cocok untuk Diet dan Penderita Diabetes

Jum'at, 11 Oktober 2024 - 18:00 WIB
Madu adalah salah satu pemanis alami paling populer yang digunakan sejak zaman dahulu. Madu mengandung vitamin, mineral, serta antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan. Meskipun mengandung lebih banyak kalori dibanding gula, madu memiliki rasa yang lebih manis, sehingga Anda bisa menggunakannya dalam jumlah lebih sedikit.

3. Sirup Maple



Sirup maple diekstrak dari getah pohon maple dan memiliki rasa manis yang khas. Sirup ini mengandung beberapa mineral penting seperti kalsium, kalium, dan zat besi. Namun, penting untuk memilih sirup maple murni tanpa tambahan gula atau pemanis lainnya.



4. Gula Kelapa



Gula kelapa dibuat dari getah bunga kelapa dan memiliki rasa manis yang mirip dengan gula tebu, tetapi dengan indeks glikemik yang lebih rendah. Gula kelapa juga mengandung sedikit nutrisi, seperti zat besi, seng, kalsium, dan kalium, yang membuatnya lebih bergizi dibandingkan gula biasa.

5. Buah Biksu (Monk Fruit)



Pemanis dari buah biksu, juga dikenal sebagai Luo Han Guo, merupakan alternatif yang semakin populer. Buah ini mengandung senyawa yang disebut mogrosida yang memberikan rasa manis tanpa kalori. Seperti stevia, pemanis dari buah biksu juga tidak mempengaruhi kadar gula darah, sehingga aman bagi penderita diabetes.

6. Sirup Agave



Sirup agave diekstrak dari tanaman agave dan memiliki rasa yang sangat manis dengan tekstur mirip madu. Sirup ini memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibanding gula biasa, namun penggunaannya harus tetap dibatasi karena mengandung fruktosa yang tinggi. Meskipun sering dipasarkan sebagai pemanis sehat, penggunaannya secara berlebihan tidak dianjurkan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More