Hindari 10 Buah Ini, Daftar Lengkap Makanan yang Tak Aman bagi Penderita Diabetes

Senin, 14 Oktober 2024 - 22:39 WIB

3. Nanas

Buah lain yang tidak boleh dikonsumsi berlebihan oleh penderita diabetes adalah nanas. Hal ini karena nanas mengandung glukosa dalam jumlah yang sangat tinggi sekitar 16,3 gram gula.

Rasa manis nanas yang lengket berasal dari kandungan gulanya yang tinggi. Ketika buah nanas dijus, dikeringkan, atau disajikan dalam sirup gula, maka kandungan gulanya meningkat. Oleh karena itu, batasi asupan nanas Anda menjadi satu atau dua potong kecil saja.

4. Pir

Buah pir memiliki kandungan gula dan serat yang serupa dengan apel. Dimana, dalam satu buah pir mengandung sekitar 15,7 gram gula. Namun, keuntungan ini diperoleh dengan mengonsumsi seluruh buah.

Pir kalengan yang dikemas dalam sirup juga dapat meningkatkan kadar gula. Maka dari itu, setiap kali makan sebaiknya kurangi asupan buah ini hingga setidaknya setengah dari buah yang berukuran sedang.

5. Anggur

Anggur adalah buah lain yang harus dihindari oleh penderita diabetes untuk dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini disebabkan oleh kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi pada anggur. Terdapat 18,1 g karbohidrat dan 15,5 g gula dalam 100 g anggur. Oleh karena itu, penderita diabetes disarankan untuk membatasi asupan anggur untuk mencegah lonjakan gula darah.

6. Ceri

Ceri adalah buah yang tinggi gula dan karbohidrat, sama seperti anggur. Karena alasan ini, penderita diabetes harus membatasi konsumsi ceri.

Terdapat 19,7 gram gula dalam satu buah ceri. Sebatang coklat Snickers dengan ukuran biasa memiliki jumlah kandungan gula yang sama. Ceri memang lezat, tapi cobalah untuk membatasi asupannya.

7. Mangga

Salah satu buah dengan kandungan gula tertinggi yang sering disebut-sebut adalah mangga. Sudah jelas bahwa Anda harus mengurangi konsumsi buah ini jika Anda menderita diabetes.

Seporsi mangga berukuran 100 g mengandung 13,7 gram gula dan 15 gram karbohidrat. Oleh karena itu, mangga adalah salah satu buah yang dilarang dikonsumsi oleh penderita diabetes.

8. Apel

Apel adalah buah lain yang mengandung banyak gula dan karbohidrat. Apel mengandung 12,2 gram gula dan 14,8 gram karbohidrat.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More