6 Manfaat Mengurangi Waktu Bermain Gadget, Baik untuk Kesehatan Mental

Senin, 28 Oktober 2024 - 14:20 WIB
Mengurangi waktu di depan layar bisa memberikan keajaiban bagi kesehatan mental. Foto/ gadgetskool.
JAKARTA - Tidak ada yang dapat sepenuhnya menjauhi gadget dan handphone dan itu benar. Akan tetapi, mengurangi waktu di depan layar dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan mental .

Terpaku pada layar atau gadget elektronik sepanjang waktu berdampak pada beberapa aspek kesehatan tanpa kita sadari, dari memengaruhi kualitas tidur, fungsi otak hingga meningkatkan obesitas dan depresi.





Hanya beberapa menit menonton layar dapat menunda pelepasan melatonin selama beberapa jam dan mengganggu jam tubuh yang pada gilirannya dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan peradangan otak.

Waktu menonton dan bermain game dapat melepaskan dopamin berlebih yang dapat menurunkan sensitivitas sistem penghargaan otak yang dapat membuat seseorang sulit untuk fokus pada tugas-tugas penting dan merasa senang saat gadget tidak ada.

Belum lagi, stres kronis yang dapat membahayakan akibat meningkatnya waktu menonton layar. Ketika Anda tidak berinteraksi dengan dunia nyata dan sepenuhnya bergantung pada dunia virtual, hal itu dapat membuat Anda lebih kesepian dalam jangka waktu tertentu.

Nah, waktu menonton yang lebih sedikit dapat membantu otak pulih dan terisi ulang serta meningkatkan fokus dan keterampilan memecahkan masalah. selain itu, dapat membantu mengelola stres dengan lebih baik karena hal itu meningkatkan kesadaran. Daripada menonton secara berlebihan, bertemu dengan teman akan menambah kegembiraan dan kebahagiaan Anda.

Dikutip hindustan times, berikut manfaat pengurangan waktu di depan layan gadget dan handphone.

1. Kualitas tidur yang lebih baik
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More