Ingin Kulit Sehat? Gampang Kok, Begini Tipsnya!

Minggu, 15 November 2020 - 07:47 WIB
Perawatan yang tepat akan membuat kulit sehat. Foto/IST
JAKARTA - Kulit merupakan organ terbesar yang melindungi tubuh dari bakteri, gesekan, radiasi, hingga dehidrasi. Masalahnya, berbagai faktor eksternal seperti polusi, radiasi sinar UV, dan ruangan berpendingin udara dapat mempengaruhi kondisi kulit. Kulit manusia secara alami mengalami Transepidermal water loss dimana kulit kehilangan air dan emolien alami.

“Faktor-faktor eksternal tersebut semakin memperburuk kondisi kulit terutama kita yang tinggal di negara tropis," jelas dr. Edwin Tanihaha, SpKK. Kondisi cuaca yang ekstrem dapat merusak kulit dengan merusak emolien alami pada kulit.

Menurut dr. Edwin untuk mendapatkan kulit sehat, membersihkan kulit dengan tepat saja tidak cukup. Perawatan kulit harus dilengkapi dengan pelembab yang tepat untuk mencegah kulit menjadi kering, serta memastikan kulit juga terlindungi dari paparan sinar UV. Berikut tips mendapatkan kulit sehat:



1. Cukup hidrasi tubuh



Tubuh yang terhidrasi membuat kulit tidak kering dan kelembaban menjadi terjaga. Maka itu penuhi kebutuhan tubuh akan cairan sebanyak kurang lebih dua liter per hari. Kurang minum akan membuat kulit kering dan mudah luka.

2. Pola makan Gizi seimbang

Setiap 28-30 hari sekali, tubuh memproduksi sel kulit baru. Tentunya, tubuh membutuhkan nutrisi lengkap seimbang untuk memproduksi kulit sehat, mulai dari karbohidrat, protein, dan lemak. Termasuk asupan mikronutrien seperti vitamin, mineral, serat, dan tidak lupa air.

3. Cukup tidur
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More