Penelitian: Vegetarian Berisiko Lebih Tinggi Alami Patah Tulang

Rabu, 25 November 2020 - 12:42 WIB
Diet vegetarian bisa meningkatkan risiko patah tulang. Foto/medicaldaily
JAKARTA - Meskipun mengikuti diet vegetarian menyehatkan, harus dipastikan bahwa nutrisi penting yang cukup seperti kalsium, vitamin B12, seng, zat besi disertakan dalam diet karena dapat meningkatkan risiko patah tulang bagi orang yang menjalani diet tanpa daging.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal akses terbuka BMC (BIOMED CENTRAL), orang yang mengikuti pola makan vegan, vegetarian, dan orang yang makan ikan tetapi tidak daging kekurangan kalsium dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh dan 43% berisiko lebih tinggi patah tulang (total) serta risiko yang lebih tinggi dari patah tulang pinggul, tungkai, dan tulang belakang spesifik lokasi, dibandingkan dengan orang yang makan daging.



Baca juga : Ingin Turunkan Berat Badan, Ikuti Diet Sehat Ini!

"Kami menemukan bahwa vegan memiliki risiko patah tulang total yang lebih tinggi yang mengakibatkan hampir 20 kasus lebih banyak per 1000 orang di atas 10 tahun. Periode tahun dibandingkan dengan orang yang makan daging. Resiko pada vegan adalah 2,3 kali lebih tinggi dibandingkan pada orang yang makan daging, setara dengan 15 kasus lebih banyak per 1000 orang selama 10 tahun," kata Dr Tammy Tong, Ahli Epidemiologi Gizi di Departemen Kesehatan Populasi Nuffield, Universitas Oxford, dan penulis utama.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!