Lewat Workshop, ENZ Bagikan Pendekatan Unik Mendidik Anak Usia Dini

Jum'at, 04 Desember 2020 - 18:45 WIB
Berbeda dengan seminar sebelumnya yang diselenggarakan secara singkat, workshop kedua akan dilaksanakan dengan durasi lebih panjang, yakni kurang lebih dua minggu. Para peserta diminta untuk mengakses kanal pembelajaran digital milik University of Canterbury bernama UC Learn. Kemudian, mereka diwajibkan untuk melakukan self-learning atau pembelajaran mandiri melalui video rekaman selama kurang lebih lima jam. Setelah itu, para peserta akan bertemu secara tatap muka dengan pelatih melalui aplikasi Zoom sebanyak tiga kali dengan durasi dua jam per pertemuan.

Pertemuan Zoom pertama diselenggarakan pada 5 Desember. Pelatih dari University Canterbury, Sean O'Connell, melakukan pelatihan jarak jauh dari Christchurch, Selandia Baru, sementara guru-guru jaringan Teach for Indonesia akan online dari berbagai daerah di Indonesia. Materi yang dibahas adalah seputar manajemen kelas, motivasi untuk siswa yang sedang belajar bahasa Inggris, serta membuat Rencana Pelaksana Pembelajaran (RPP) yang efektif, baik bagi siswa jurusan bahasa Inggris maupun jurusan lainnya.

(Baca juga: Pentingnya Menjaga Minat Menulis Anak di Era Perkembangan Digital )

"Kursus online yang ditawarkan Education New Zealand dan University of Canterbury sesuai dengan visi misi Teach for Indonesia, yakni Empowering the Society di mana kami dan Binus melakukan kegiatan pemberdayaan untuk masyarakat. Kursus ini diharapkan dapat mengembangkan kompetensi guru dalam pengajaran, terutama di masa pandemik seperti saat ini dan dalam menghadapi revolusi industri 4.0 yang juga akan mengubah sistem pendidikan di masa depan," tutup Andyni Khosasih, Manajer dari Teach for Indonesia.
(nug)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More