Pilih Nutrisi Tepat Saat Puasa

Selasa, 12 Mei 2020 - 21:30 WIB
Minum cukup air tidak hanya melembabkan tubuh, tetapi juga akan bertindak sebagai detoksifikasi tubuh. Foto/Ilustrasi/Express.co.uk
JAKARTA - Saat ini umat muslim di dunia tengah menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Namun, untuk pertama kalinya, puasa Ramadhan tahun ini bertepatan dengan mewabahnya sebuah penyakit, yaitu COVID-19.

Berbagai kekhawatiran pun muncul apakah puasa dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Jangan khawatir, selama Anda mengadopsi gaya hidup sehat dan mempertahankan pikiran positif pada diri, ibadah puasa Anda akan tetap berjalan lancar dan sehat. (Baca Juga: Waspadai Kebiasaan Tak Sehat yang Sering Dilakukan Saat Berbuka Puasa)

Di Indonesia sendiri, meskipun ada kecenderungan masyarakat untuk mengonsumsi makanan yang kurang sehat, terutama pada saat buka puasa, informasi mengenai pentingnya asupan bernutrisi selalu digaungkan. Berikut beberapa cara sehat yang bisa Anda terapkan agar tetap sehat selama berpuasa, seperti dilansir laman Times of India.

1. Tetap Terhidrasi

Minumlah banyak air, yaitu dua liter sehari untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi. Minum cukup air tidak hanya melembabkan tubuh, tetapi juga akan bertindak sebagai detoksifikasi tubuh.



2. Konsumsi Buah dan Makanan Berserat

Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan air tinggi seperti mentimun, tomat, semangka, labu, dan jeruk bisa menjadi energi tambahan, menambah kecukupan serat harian Anda, dan membuat rasa kenyang lebih terjaga.

3. Hindari Kafein

Saat berpuasa hindari minuman berkafein seperti kopi, teh, dan cola. Pilih minuman manis dengan gula alami seperti air kelapa murni atau jus tanpa gula. Minuman-minuman tersebut dapat membantu Anda memberi dorongan nutrisi dan menenangkan pH lambung.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More