8 Penyebab Bau Mulut yang Harus Anda Ketahui

Jum'at, 18 Desember 2020 - 07:02 WIB
Jika Anda tidak menyikat dan membersihkan gigi setiap hari, partikel makanan tetap berada di mulut, menyebabkan bau mulut. Lapisan bakteri (plak) yang tidak berwarna dan lengket terbentuk di gigi. Jika tidak dibersihkan, plak dapat mengiritasi gusi dan akhirnya membentuk kantong berisi plak di antara gigi dan gusi (periodontitis). Lidah Anda juga bisa menjebak bakteri yang menghasilkan bau. Gigi palsu yang tidak dibersihkan secara teratur atau tidak pas dapat menampung bakteri penyebab bau dan partikel makanan.

4. Mulut kering

Air liur membantu membersihkan mulut, menghilangkan partikel yang menyebabkan bau tak sedap. Kondisi yang disebut mulut kering atau xerostomia dapat menyebabkan bau mulut karena produksi air liur menurun. Mulut kering secara alami terjadi selama tidur dan memburuk jika Anda tidur dengan mulut terbuka. Mulut kering kronis dapat disebabkan oleh masalah pada kelenjar ludah dan beberapa penyakit.

5. Pengobatan

Beberapa obat secara tidak langsung dapat menyebabkan bau mulut dengan berkontribusi pada mulut kering. Yang lain bisa diuraikan di dalam tubuh untuk melepaskan bahan kimia yang bisa terbawa napas.

6. Infeksi di mulut

Bau mulut bisa disebabkan oleh luka operasi setelah operasi mulut, seperti pencabutan gigi, atau akibat kerusakan gigi, penyakit gusi atau sariawan.

7. Kondisi mulut, hidung dan tenggorokan lainnya

Bau mulut terkadang bisa berasal dari batu kecil yang terbentuk di amandel dan tertutup oleh bakteri yang menghasilkan bau. Infeksi atau peradangan kronis pada hidung, sinus, atau tenggorokan, yang dapat menyebabkan postnasal drip, juga dapat menyebabkan bau mulut.

(Baca juga: Edukasi Diabetesi tentang Pola Hidup Sehat, Mganik Luncurkan Buku )
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More