Kaya Manfaat, 5 Buah Tropis Ini Sering Dipandang Sebelah Mata

Jum'at, 19 Februari 2021 - 14:02 WIB
Selain untuk memelihara kesehatan, kandungan nutrisi pada buah-buahan juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit. / Foto: ilustrasi/Cleveland Clinic
JAKARTA - Para ahli gizi telah mengungkap manfaat buah-buahan yang sangat besar bagi tubuh kita. Selain untuk memelihara kesehatan, kandungan nutrisi pada buah-buahan juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit bahkan dapat membantu proses penyembuhan penyakit.



Mengonsumsi buah-buahan setiap hari bahkan dianggap sebagai cara diet yang baik. Karenanya memperbanyak asupan buah dan sayuran sangat dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan akan serat setiap harinya.

Namun, selama ini yang kita tahu, hanya buah-buahan yang populer yang memiliki manfaat kesehatan, sebut saja pisang, alpukat, jeruk, dan apel. Buah-buahan lain yang kurang populer dan kurang digaungkan manfaat kesehatannya, dipandang sebelah mata. Padahal buah-buahan ini pun tidak sedikit bermanfaat bagi kesehatan. Berikut buah-buahan yang juga memiliki banyak manfaat seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Salak



Orang biasanya malas mengonsumsi salak lantaran takut konstipasi atau sembelit. Padahal, ini hanyalah mitos. Salak justru dapat membantu mencegah susah buang air besar. Serat pada salak bisa menjaga kesehatan saluran cerna. Selain itu kandungan vitamin C pada buah ini, membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai macam infeksi. Kalium pada salak juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

2. Terong Belanda

Terong belanda biasa dinikmati dalam bentuk jus buah atau sop buah. Selain memiliki karakteristik rasa yang menyegarkan, ternyata terong belanda kaya akan nutrisi. Kandungan vitamin B kompleks yang kaya di dalam buah terong belanda dipercaya dapat memperbaiki metabolisme tubuh. Selain itu, kandungan potasium di dalam terong belanda juga bisa membantu tubuh untuk menjaga tekanan darah dan denyut jantung tetap normal. Itu sebabnya, buah ini sangat baik bagi penderita hipertensi.

Buah terong belanda berasal dari kawasan Amazon di Benua Amerika yang kemudian dibawa dan diperkenalkan oleh Belanda untuk pertama kalinya ke Indonesia. Terong belanda tidak seperti terong ungu yang memiliki bentuk lonjong dan panjang, melainkan berbentuk oval menyerupai telur dan berwarna merah marun.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More