Respon Imun Tubuh Meningkat Saat Puasa, Vaksinasi Covid-19 Lebih Efektif

Rabu, 14 April 2021 - 14:16 WIB
“Puasa hanya menggeser waktu makan dan aktivitas yang dilakukan tetap sama. Justru banyak yang berpuasa lebih sehat dibanding saat tidak puasa karena jam makan ketika berpuasa lebih teratur,” ujar dr. Yoana Periskila, MKK.



Terakhir, dari keterangan dr. Kathi Swaputri Kancana, Sp.PD, spesialis penyakit dalam Primaya Hospital Bekasi Utara, justru vaksinasi Covid-19 saat sedang puasa malah disarankan. Hal ini dikarenakan berhubungan dengan kinerja respon imun yang meningkat saat seseorang berpuasa.

“Menurut pakar ahli kepala laboratorium Universitas Fakeeh, Dubai, Dr Paalat Menon, selama berpuasa, respon imun tubuh jutsru akan meningkat 2 kali lipat dikarenakan setelah 12 jam pasca puasa, makrofag pada sistem imun akan bekerja lebih cepat untuk membersihkan sel-sel mati dalam tubuh. Proses ini disebut autofagi, sistem imun tubuh menjadi lebih sensitif. Inilah kenapa juga, puasa sangat baik untuk orang dengan diabetes, tuberculosis, dan penyakit metabolik lainnya,” pungkas dr. Kathi Swaputri Kancana, Sp.PD.
(wur)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More