Tips Atasi Gangguan Tidur selama Berpuasa

Rabu, 14 April 2021 - 03:34 WIB
loading...
Tips Atasi Gangguan Tidur selama Berpuasa
Foto Ilustrasi/Fmsfl.com
A A A
JAKARTA - Memasuki bulan Ramadhan , umat muslim mungkin sudah terbiasa bangun untuk sahur antara jam 3 sampai 4 pagi. Namun, meskipun sudah terbiasa, tidak jarang seseorang mengalami masalah terkait pola tidur.

Kita harus menyesuaikan diri untuk bangun sahur. Oleh sebab itu, mengatur pola tidur sangatlah penting karena jika tidur tidak teratur akan membuat Anda mudah lelah, mengantuk di siang hari, bahkan bisa saja ada gangguan kesehatan lain.



Berikut tips mengatasi gangguan tidur selama Ramadhan menurut para ahli, seperti dikutip laman Runners World, Selasa (13/4).

1. Kamar Terlalu Terang

Apakah Anda suka mengecek ponsel sebelum tidur? Bisa jadi ini merupakan salah satu masalah berarti. Cahaya dapat mengganggu tubuh mengeluarkan hormon tidur melatonin. Menurut penelitian lain, kamar yang sejuk dan gelap membantu kita tertidur lebih cepat.

2. Konsumsi Kafein

Hindari kopi saat berbuka karena menyebabkan lambung Anda kaget. Minum kopi terlalu malam juga menjadi masalah tersendiri. Satu-satunya yang aman, batasi konsumsi kafein di bulan Ramadhan jika ingin memiliki tidur lebih baik.

3. Olahraga sebelum Tidur

Bagi sebagian orang, olahraga malam hari adalah solusi di bulan Ramadhan, tapi itu belum tentu. Hindari latihan intensitas berat minimal 3 jam sebelum waktu tidur karena butuh waktu bagi detak jantung dan suhu tubuh kembali normal.



4. Makan Besar sebelum Tidur

Makan beratlah saat berbuka namun jangan terlalu kenyang. Jika Anda lapar kembali, cukup sediakan buah-buahan untuk camilan malam Anda.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1813 seconds (0.1#10.140)