10 Tarian Terpopuler di Muka Bumi

Minggu, 07 Juni 2020 - 15:00 WIB
Ilustrasi/SINDOnews/Titus JHH
PALEMBANG - TARI merupakan gerak tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan bersosialisasi, mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran. Sebagai sebuah budaya, fungsi tari sebagai sarana upacara, pertunjukan, hiburan, dan juga sebagai media pendidikan.

Setiap negara lazim memiliki tarian tradisional dan tentunya tarian tersebut juga menjadi identitas atau ciri khas sebuah negara. Berikut ini 10 tarian paling terkenal di dunia.

1. Samba, Brasil

Samba identik dengan tradisi Karnaval Brasil yang sudah sangat terkenal di dunia itu. Samba adalah gaya tarian dan genre musik Brasil dengan akar dari Afrika dan tiba di Amerika Latin melalui budak Afrika yang tiba di Amerika Latin dengan tuan-tuan Eropa mereka. Samba dikaitkan dengan ritme dan kostum flamboyan dan dianggap sebagai bagian integral dari budaya Brasil.

2. Ballet, Rusia



Tidak ada bentuk tarian yang bisa mendekati keanggunan yang sedekat balet Rusia. Ini adalah bentuk tarian artistik yang dilakukan untuk musik. (

10. Kabuki, Jepang

Boleh dibilang Kabuki ialah tarian tradisional Jepang paling populer. Sejak zaman tenno (kaisar Jepang) hingga sekarang, Kabuki selalu jadi primadona masyarakat Jepang. Gerak khas Kabuki terletak pada langkah kaki nan sangat lemah lembut.

Terdapat tiga gerakan dasar pada Kabuki yaitu gerakan memutar, gerakan tangan, dan gerakan kepala. Setiap gerakan ini menyimbolkan aktualisasi diri manusia. Seperti bagaimana ketika menangis, gembira, sedih, dan berbagai aktualisasi diri emosional lainnya.

Penari Kabuki dirias secara mencolok dan mewah. Oleh UNESCO, tarian tradisional Jepang Kabuki ini telah ditetapkan sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Non Bendawi Manusia.

Sumber: www.worldatlas.com
(boy)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More