Hari Ciuman Internasional Dirayakan Setiap Tanggal 6 Juli, Simak Sejarah dan Fakta-faktanya!

Kamis, 06 Juli 2023 - 09:25 WIB
loading...
Hari Ciuman Internasional Dirayakan Setiap Tanggal 6 Juli, Simak Sejarah dan Fakta-faktanya!
Hari Ciuman Internasional. Foto/Ilustrasi/Unsplash
A A A
JAKARTA - Hari Ciuman Internasional dirayakan masyarakat dunia setiap tanggal 6 Juli. Mungkin perayaan ini tak lazim di Indonesia, namun penduduk belahan bumi lain menyambutnya dengan penuh suka cita.

Hari Ciuman Internasional ini memang terdengar cukup unik dan agak nyeleneh. Tapi, perayaan ini sebenarnya sudah berlangsung selama bertahun-tahun dan terus diperingati setiap tahun.

Bermula dari tahun 2006 silam, Hari Ciuman Internasional pertama kali didirikan. Mengutip dari news18, hari tersebut didedikasikan guna merayakan pentingnya gerakan yang menghangatkan hati.

Jika semula hari perayaan unik ini hanya diamati oleh United Kingdom atau Inggris Raya, kini Hari Ciuman Internasional sudah makin meluas kepada orang-orang seluruh dunia.



Alhasil, tiap tanggal 6 Juli tiba, antar individu merekatkan bibir mereka satu sama lain alias berciuman demi memperkuat ikatan pasangan.

Di samping itu, 6 Juli ternyata bukan satu-satunya hari merayakan kontak fisik berupa ciuman bibir. Tanggal 13 Februari atau satu hari jelang Valentine's Day juga kerap disebut-sebut sebagai Kiss Day.

Fakta-Fakta Soal Ciuman

Masih dalam suasana Hari Ciuman Internasional, rasanya kurang lengkap jika tak mengulik fakta-fakta lucu di balik ciuman itu sendiri. Mulai dari makna french kiss hingga survei soal ciuman.

1. Budaya kuno di Prancis mulanya menyebut French Kiss sebagai soul kiss. Mereka percaya, kontak fisik antar bibir ini mampu memadukan jiwa dua kekasih menjadi satu kesatuan!

2. Sayangnya, ciuman mampu menyebabkan pertukaran 10 juta sampai 1 miliar bakteri. Satu lagi, ciuman juga disebut sebagai penyebar plak gigi.

3. Dahulu kala, ciuman diperkenalkan oleh masyarakat romawi. Tindakan ini dianggap sebagai simbol menyegel perjanjian dua jiwa dalam upacara pernikahan

4. Ciuman pertama di dunia perfilman muncul pada tahun 1896, tepatnya film The May Irwin Kiss. Tak begitu lama, adegan kissing hanya berlangsung selama 30 detik saja.

5. Aktivitas menjadi hal yang lumrah untuk pasangan. Sampai-sampai, muncul survei yang menyebutkan bahwa rata-rata orang menghabiskan dua minggu dalam hidupnya untuk saling berciuman.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2370 seconds (0.1#10.140)