Menjelajahi Ribuan Kilometer, Menembus Tiga Provinsi di Kanada

Rabu, 03 Agustus 2022 - 08:56 WIB
Dananu dan hamparan pertanian Kanola. Foto/Achmad Faisal Nasution

Oya, kami sengaja melakukan perjalanan siang hari karena banyak hewan liar seperti moose (rusa besar) dan rusa kerap berkeliaran serta menyeberang jalan pada malam hari. Karena jalur yang menghubungkan antarprovinsi di Kanada dan membelah hutan pinus hanya mengandalkan cahaya bulan. Seorang teman berasal dari Ukraina, Ilya mengatakan, beberapa kali truk yang dikemudikannya hampir menabrak moose yang seukuran seekor gajah. Pemerintah setempat memasang rambu peringatan di hampir sepanjang jalan Trans Canada Highway dari Provinsi Ontario hingga Saskatchewan.

Dengan mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) yang saya kemudikan, kami berangkat dari Toronto agak terlambat dari rencana, karena saya mengantarkan si sulung ke dokter gigi serta harus menyelesaikan suatu urusan terlebih dahulu. Ketika matahari tepat berada di atas kepala, barulah kami memulai perjalanan. Namun, kendala datang ketika Global Positioning System (GPS) yang saya pakai tidak berfungsi sehingga jalan masuk ke Highway 27 tidak kunjung ditemukan. Setelah muter-muter beberapa menit di kawasan Etobicoke, Toronto, barulah kami masuk ke jalan tersebut.

Kami pun melewati Highway 400 yang menembus wilayah Berrie, Parry Sound, lanjut ke Highway 69 dan Highway 17 saat melewati Sudbury. Jalur ini terbilang ramai dengan kendaraan juga tempat beristirahat yang terdapat stasiun pengisian bahan bakar dan restoran. Hanya setelah Parry Sound dan mendekati Sudbury lalu lintas mulai sepi serta tidak ada lagi tempat beristirahat apalagi stasiun pengisian bahan bakar.



Tebing batu cadas menuju Danau Huron. Foto/Achmad Faisal Nasution



Anak-anak memilih tidur sepanjang perjalanan karena suasana di sekitar jalan yang kami lewati telah mereka kenali. Sebab, kami pernah melakukan perjalanan serupa ke Sudbury untuk mengunjungi kediaman seorang teman beberapa tahun lalu. Kami melewati kawasan pertanian, permukiman, danau-danau berukuran kecil dan besar. Namun, pemandangan berubah total kala mendekati Sudbury. Di kiri dan kanan jalan terdapat batu cadas dan beberapa jalan dibuat dengan membelah tebing batu.

Saat itu hari sudah sore, tetapi kami harus mengejar waktu untuk tiba di Kota Sault Ste Marie walau malam telah larut. Lebih dari tiga jam berkendara kami pun tiba di motel yang telah dipesan beberapa hari sebelum berangkat. Pagi harinya, setelah sarapan dengan lauk rendang yang dimasak istri sebagai bekal perjalanan, kami pun tancap gas menuju Thunder Bay. Sepanjang jalan anak-anak tak henti berdecak kagum melihat pemandangan. Di kiri kanan jalan yang berkelak-kelok serta menanjak dan menurun terdapat danau berukuran kecil maupun besar. Provinsi Ontario memang memang dikenal memiliki danau yang indah. Terdapat 250.000 danau di provinsi yang beribukota di Toronto ini.

Delapan jam kemudian kami pun sampai di Thunder Bay. Matahari masih bersinar terang karena kami berangkat lebih awal. Musim panas di sini menjadikan siang lebih panjang. Sang Surya baru tenggelam di ufuk barat sekitar pukul 09.30 malam. Kami pun punya banyak waktu untuk beristirahat. Keesokan harinya kami menyempatkan diri menyusuri sudut-sudut kota ini dan berhenti di Marina Park. Namun, tak berlama-lama menikmati sejuknya udara di taman yang berada di Lake Superior, danau terbesar di Kanada, kami melanjutkan perjalanan keluar dari Provinsi Ontario menuju Winnipeg, Provinsi Manitoba.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More