Menjelajahi Ribuan Kilometer, Menembus Tiga Provinsi di Kanada

Rabu, 03 Agustus 2022 - 08:56 WIB
Kami memutuskan berhenti di Tugu Selamat Datang di Provinsi Ontario yang berada di perbatasan antara Ontario dan Manitoba. Pemerintah Provinsi Ontario membangun rest area yang dilengkapi dengan toilet, toko sovenir, dan taman yang terdapat meja dan tempat duduk untuk bersantai. Sepertinya hanya Ontario yang memiliki tempat seperti ini di daerah perbatasannya. Di provinsi lain terdapat tugu selamat datang saja.



Nah, benar kata seorang teman warga Kanada, Robinson. Dia bilang kepada saya untuk bersiap membuang rasa bosan ketika masuk di wilayah Manitoba hingga menuju wilayah Saskatchewan karena pemandangan di kiri kanan jalan hanya padang rumput yang terhampar luas.

Tidak banyak kendaraan yang lalu-lalang serta jalanan yang lurus sesekali menanjak dan turunan, juga kecepatan maksimum 110 kilometer per jam benar-benar sedikit menjemukan. beruntung, sinyal radio setempat yang kuat ditangkap antena radio di mobil sehingga untaian lagu cukup menghibur. Kami pun tertawa sambil menimpali lagu If I Had A Million Dollars yang dilantunkan Barenaked Ladies diputar stasiun radio tersebut. “Menghayal,” celetukku tertawa.

Di daerah ini kami selalu berhenti bila bertemu dengan stasiun pengisian bahan bakar karena jarak satu dengan yang lain mencapai ratusan kilometer. Setelah delapan mengemudi sampailah kami di Winnipeg. Tidak banyak yang kami lakukan di sini, hanya membeli beberapa keperluan di sebuah toko tidak jauh dari hotel.

Namun, kejadian yang menggelikan walau sedikit membuat anak-anak ketakutan datang menghampiri. Begitu tiba di depan hotel, seorang pria diduga kurang waras berlari memanggil. Kami pun berlari masuk ke dalam. Nahas, tidak ada petugas hotel yang di lobi sehingga orang tersebut leluasa mendekati kami. Tidak jelas apa yang dikatakannya, tetapi saya berhasil menyuruh dia pergi. Tak lama kemudian, petugas hotel yang tahu kejadian itu datang dan meminta maaf.

Keesokan hari, setelah sarapan, kami melanjutkan perjalanan ke Saskatoon. Sekitar 8,5 jam perjalanan kami pun tiba. Anak-anak bersorak gembira karena terdapat waterpark di hotel tempat kami menginap. Panas terik yang seakan membakar kulit berubah sejuk kala nyemplung di kolam renang.



Foto/Achmad Faisal Nasution

Halaman :