4 Minuman Pantangan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi, Sebaiknya Dihindari

Rabu, 31 Agustus 2022 - 13:21 WIB
Foto/Getty Images

Tak hanya makanan yang digoreng dan berlemak, pengidap kolesterol tinggi sebaiknya juga mewaspadai minuman manis. Sebab, asupan gula dalam minuman manis diketahui juga bisa meningkatkan jumlah kolesterol di dalam darah.

Minuman manis yang mengandung gula memiliki kandungan kalori yang berlebih. Kalori tersebut bisa berubah menjadi kolesterol trigliserida yang memicu meningkatnya kolesterol tidak sehat di dalam darah. Jika terus dikonsumsi dalam jumlah besar, minuman manis bisa menjadi ancaman bagi kesehatan.

Tak hanya bisa meningkatkan jumlah kolesterol. Mengonsumsi minuman manis secara berlebihan juga bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami kelebihan berat badan alias obesitas serta penyakit diabetes. Kandungan gula dalam minuman manis adalah penyebab utama dari hal tersebut.

Agar terhindar dari penyakit kolesterol tinggi, obesitas juga diabetes, Anda sebaiknya tetap memantau jumlah asupan minuman manis dan gula.

4. Kopi



Foto/Getty Images

Bagi Anda pecinta minuman berkafein seperti kopi sebaiknya waspada. Kopi termasuk salah satu minuman yang membuat kadar kolesterol jahat meningkat. Namun, tak semua kopi dikaitkan dengan peningkatan kadar kolesterol, karena tergantung pada bagaimana kopi diseduh.

Senyawa penambah kolesterol ampuh yang disebut cafestol ditemukan di tingkat tertinggi dalam kopi tanpa filter dalam french press dan espresso. Dekafeinasi tidak mengurangi kolesterol, namun senyawa tersebut dihilangkan dengan filter kertas kopi.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More