5 Ciri-ciri Mobil Harus Ganti Oli yang Wajib Diketahui

Senin, 26 September 2022 - 17:04 WIB
Anda mencium sesuatu seperti bau yang terbakar di dalam mobil? Oli memiliki dua tugas, yang mana harus melumasi bagian-bagian mesin dan mengatur suhu mesin, yaitu menjaga agar tetap dingin.

Ketika oli sudah lama dan kotor, oli tidak bisa membuat mesin Anda tetap dingin. Hasilnya? Akan ada bau terbakar yang tajam di kabin mobil. Dalam beberapa kasus, baunya juga bisa mengindikasikan kebocoran oli, yang dapat menyebabkan perbaikan yang mahal jika tidak ditangani.

3. Kekentalan Oli Berubah

Konsistensi atau kekentalan oli bisa diperiksa dengan langkah-langkah berikut:

• Pertama-tama, tunggu mesin menjadi dingin lalu buka kap mesin.

• Tarik dipstick keluar dari tempat oli.

• Lap dipstick dengan handuk kertas, lalu masukkan kembali dan tarik keluar untuk mengamati konsistensi dan warna oli pada stik.

Apakah oli berwarna bening kekuningan? Jika iya, itu artinya oli Anda masih bagus. Jika sudah gelap, ini biasanya juga tidak apa-apa. Oli menjadi lebih gelap saat mengalir melalui mesin, jadi warna tidak selalu merupakan tanda Anda perlu mengganti oli.

Bagaimana kekentalannya? Oli menghimpun partikel kecil dari kotoran dan puing-puing saat bekerja, dan secara alami menjadi semakin berpasir. Jika oli Anda tampak bagus dan encer, oli tahan lama dan masih bagus. Tetapi jika oli sudah mengental dan berbutir, itu pertanda Anda mungkin perlu mengganti oli.

4. Level Oli Sudah Rendah
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More