8 Tips Menerapkan Mindful Eating, Bermanfaat untuk Kesehatan

Kamis, 22 Desember 2022 - 10:01 WIB
Mindful eating artinya Anda menggunakan seluruh indera dan emosi untuk menikmati sepiring makanan yang Anda miliki. Foto Ilustrasi/Shapa Blog
JAKARTA - Makan dengan penuh kesadaran tinggi (mindful eating), artinya Anda menggunakan seluruh indera dan emosi untuk menikmati sepiring makanan yang Anda miliki. Selain itu juga fokus dengan makanan yang Anda miliki dan tidak melakukan hal lain selama menikmati hidangan yang ada.

Pada dasarnya, makan dengan kesadaran melibatkan aktivitas makan perlahan dan tanpa gangguan, mendengarkan isyarat lapar fisik dan makan hanya sampai Anda kenyang (tidak berlebihan), membedakan antara pemicu rasa lapar yang sebenarnya dan bukan rasa lapar untuk makan.





Juga melibatkan indera Anda dengan memperhatikan warna, bau, suara, tekstur, dan rasa, belajar mengatasi rasa bersalah dan kecemasan tentang makanan, makan untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan, memperhatikan efek makanan terhadap perasaan dan sosok Anda, serta menghargai makanan Anda.



Untuk melatih mindfulness, Anda memerlukan serangkaian latihan dan meditasi. Namun, ada banyak cara sederhana untuk memulai, beberapa di antaranya dapat memberikan manfaat yang kuat dengan sendirinya, seperti:

- Makan lebih lambat dan jangan terburu-buru.

- Kunyah sampai bersih.

- Hilangkan gangguan dengan mematikan TV dan meletakkan telepon Anda.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More